5 Zodiak Ini Kepo dan Suka Ikut Campur

5 Zodiak Ini Kepo dan Suka Ikut Campur
Zodiak yang suka ikut campur urusan orang lain. (Freepik via Liputan6)

Dalam astrologi, ada beberapa zodiak yang dikenal suka banget ikut campur urusan pribadi orang lain. Duh, bikin pusing ya?

Inibaru.id – Beberapa orang mungkin kerap merasa benar sehingga cukup percaya diri untuk mau tahu urusan orang lain bahkan ikut campur terlalu jauh. Padahal, orang yang sedang bermasalah belum tentu membutuhkan bantuan.

Nah, ternyata dalam astrologi ada lo beberapa zodiak yang demen banget ikut campur urusan orang lain. Hm, zodiak mana saja ya?

1. Libra

Dikenal suka menegakkan keadilan, Libra paling nggak tahan melihat orang lain diperlakukan nggak adil. Karena itu Libra mencoba memperbaiki keadaan. Bahkan, ketika dia nggak kenal dengan orang tersebut.

Masalahnya, nggak semua orang merasa butuh bantuannya. Jadi, terkadang Libra justru tampak suka ikut campur.

2. Leo

Leo sangat yakin dengan kemampuannya menganalisis benar dan salah. Itu sebabnya dia nggak malu untuk mengungkapkannya meski nggak diminta. Leo juga tipe yang suka didengarkan dan kerap memaksakan pendapatnya pada orang lain.

3. Aries

Aries bakal merasa amat percaya diri memberikan saran pada orang lain tanpa diminta. Susah banget untuk menahan diri dan menerima bahwa orang mungkin nggak butuh saran mereka. Sayangnya, Aries juga sifat selalu merasa benar.

4. Taurus

Taurus amerupakan tipe zodiak yang merasa tahu tentang segala hal. Masalahnya, Taurus kerap nggak memerhatikan situasi dan kondisi. Dia nggak berhenti ikut campur urusan orang lain meski justru memperburuk keadaan.

5. Sagitarius

Sagitarius sebenarnya nggak punya maksud untuk ikut campur urusan orang lain, Millens. Niatnya cuma mau membantu. Sayangnya, dia nggak mempertimbangkan segala faktor dan membuat keadaan bertambah runyam.

Zodiak-zodiak di atas mungkin berniat sekadar membantu. Tapi, ketika pendapat nggak diminta, sebaiknya nggak bilang apa-apa deh! Bisa jadi, mereka rajin memberi saran atau komentar karena reflek dan nggak sengaja. Kalau kamu sudah merasa sangat terganggu dengan kekepoan mereka, nih ada tips buat mengatasinya!   

Tips Mengatasi Teman yang Terlalu Kepo dan Suka Ikut Campur

Teman yang suka ikut campur tanpa diminta memang bikin pusing. (iStock via Parapuan)
Teman yang suka ikut campur tanpa diminta memang bikin pusing. (iStock via Parapuan)

Mengubah diri sendiri

Ketika berurusan dengan orang lain, ingatlah bahwa ini bukan hanya soal mengubah orang lain, tetapi tentang mengubah diri sendiri.

Kamu nggak bakal bisa mengubah orang lain sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Cara terbaik untuk mengatasi situasi ini adalah dengan mengubah cara menyikapinya.

Gambarkan Batasan

Lanjut tips kedua, perjelas apa yang bisa kamu toleransi dan apa yang nggak. Dengan menggambar batasan, kamu bakal mendapatkan perilaku yang lebih jelas dari orang lain. Kamu nggak perlu kok sampai menyampaikan pada mereka mengenai batasanmu.

Yang perlu kamu lakukan hanya memfilter cerita yang kamu sampaikan sehingga mereka nggak bakal berpendapat terlalu jauh. Em, nggak semua hal perlu diceritakan pada orang lain kan?

Tegas saat Diperlukan

Bisa saja teman-temanmu belum paham bagaimana memposisikan diri sehingga nggak memperhatikan batasan yang ada. Sebagai orang yang perhatian padamu, seharusnya mereka memberi solusi dan semangat untukmu, bukannya selalu ikut campur.

Kalau sikap mereka sudah keterlaluan, beri teguran tegas namun sopan.

Abaikan mereka

Jurus terakhir yang bisa kamu pakai adalah mengabaikan mereka. Dengan nggak selalu merespons, mereka nggak bakal melanjutkan perilaku keponya. Sudah dicuekin, kan lama-lama berhenti sendiri.

Itu dia cara mengatasi teman yang terlalu jauh mencampuri urusan pribadimu. Punya teman memang asyik, tapi kalau toxic begitu, masih mau berteman? (Fim,Para/IB21/E07)