5 Tradisi Unik Perayaan Paskah di Indonesia

5 Tradisi Unik Perayaan Paskah di Indonesia
Tradisi Semana Santa di NTT. (Kompas)

Paskah tinggal menghitung hari. Menyambut hari spesial tersebut, beragam tradisi unik dilakukan masyarakat Indonesia. Apa sajakah tradisi-tradisi tersebut?

Inibaru.id – Hari kebangkitan Yesus Kristus atau yang biasa dikenal dengan Paskah akan dirayakan oleh seluruh umat Kristiani di Indonesia pada Minggu, 12 April 2020. Terdapat beberapa tradisi yang dilakukan di daerah-daerah Indonesia untuk merayakannya

Berikut adalah beberapa tradisi perayaan Paskah dari berbagai daerah yang unik dan menarik.

Semana Santa, Flores Timur

Kemeriahan Semana Santa. (Kemenpar)<br>
Kemeriahan Semana Santa. (Kemenpar)

Semana Santa merupakan perayaan Pekan Suci yang dilakukan dari Kamis Putih hingga Minggu Paskah. Tradisi ini dilakukan di Kota Larantuka, Flores Timur menjelang Hari Raya Paskah.

Pada Kamis Putih, patung Perawan Maria atau yang kerap disebut Tuan Ma akan dimandikan. Patung ini kemudian akan dikenakan pakaian berwarna gelap sebagai tanda berkabung. Di Jumat Agung, ribuan orang akan melarung patung Yesus di perairan.

Memento Mori, Kalimantan Tengah

Memento mori, berkunjung ke makam kerabat menjelas paskah. (Infobudaya)<br>
Memento mori, berkunjung ke makam kerabat menjelas paskah. (Infobudaya)

Dalam bahasa Latin, memento mori berarti “mengingat kematian”. Di Indonesia, tepatnya di Kalimantan Tengah, tradisi merayakan Paskah ini dilakukan dengan cara berkumpul sejak Sabtu Suci hingga Minggu dini hari di makam kerabat.

Pada pagi harinya, para umat Kristiani akan mengunjungi gereja untuk melakukan kebaktian. Tradisi ini serupa dengan budaya ziarah ke makam sebelum Hari Raya Lebaran bagi umat Muslim.

Kure, Nusa Tenggara Timur

Kure yang dilakukan di tepi sungai. (Pegipegi)<br>
Kure yang dilakukan di tepi sungai. (Pegipegi)

Tradisi Kure dilakukan di Nusa Tenggara Timur. Kure berasal dari bahasa Latin yang berarti berdoa sambil mengunjungi keluarga. Dalam tradisi ini warga membersihkan patung Yesus dan patung Maria yang sehari-hari dipajang di dalam gereja. Persembahan berupa makanan dan minuman juga akan dinikmati bersama oleh para pengunjung.

Jalan Salib, Wonogiri

Di Wonogiri ada tradisi aksi teatrikan Jalan Salib. (Budayajawa)<br>
Di Wonogiri ada tradisi aksi teatrikan Jalan Salib. (Budayajawa)

Berbeda dengan tradisi Jalan Salib pada umumnya yang dilakukan di dalam gereja, prosesi Jalan Salib untuk merayakan Paskah di Wonogiri dilakukan di Gunung Gandul. Prosesi ini juga dihiasi dengan aksi teatrikal pembawaan lambang salib berukuran besar. Ribuan umat Kristiani akan mengarak salib tersebut sambil mengucapkan doa-doa.

Ziarah Gua Maria Sendangsono, Kulon Progo

Pemandangan lilin dan bunga di Gua Maria Sendangsono. (Kevikepandiy.org)<br>
Pemandangan lilin dan bunga di Gua Maria Sendangsono. (Kevikepandiy.org)

Tradisi Paskah unik ini ada di Yogyakarta. Umat Kristiani merayakan Paskah dengan berziarah ke Gua Maria yang ada di Sendangsono, Kulon Progo, DIY. Para peziarah datang sambil membawa lilin dan bunga untuk berdoa.

Mendekati Minggu Paskah, jumlah peziarah yang berkunjung akan semakin banyak. Tak pelak, ribuan rangkaian lilin dan bunga yang dipajang di Gua Maria Sendangsono menjadi pemandangan yang sangat indah.

Omong-omong, kamu akan merayakan Paskah tahun ini di mana nih, Millens? (Cnn/MG26/E07)