5 Tradisi Royal Baby Kerajaan Inggris Ini Sangat Eksklusif

5 Tradisi <em>Royal Baby</em> Kerajaan Inggris Ini Sangat Eksklusif
Tradisi unik royal baby kerajaan Inggris. (Pool via AP/Eddie Mulholland)

Meghan Markle melahirkan putra pertamanya pada Senin (6/5/2019) pagi. Sesuai dengan tradisi Kerajaan Inggris, berikut hal-hal yang akan diterima Meghan Markle.

Inibaru.id – Meghan Markle dan Pangeran Harry resmi menjadi sepasang orang tua. Predikat itu mereka dapat usai Meghan menjalani persalinan pada Senin (6/5/2019). Bayi keduanya dikabarkan berjenis kelamin lelaki dan lahir dengan berat 3,2 kilogram.

Sesuai dengan tradisi yang ada, anggota baru Kerajaan Inggris itu mendapat perlakuan istimewa. Berikut tradisi Kerajaan Inggris dalam menyambut kelahiran bayi kerajaan (royal baby).

Dokter Kandungan Kerajaan

Gambar terkait

Dokter Marcus Setchell yang membantu persalinan Kate Middleton. (Hello Magazine)

Saat menjalani persalinan, Meghan dibantu minimal satu dokter kerajaan. Hal ini juga berlaku pada Kate Middleton di persalinan ketiga anaknya. Dokter kerajaan yang dulu membantu Duchess of Cambridge itu adalah ahli bedah ginekologi Alan Farthing dan dokter kandungan royal family yakni Guy Thorpe-Beeston. Saat melahirkan Pangeran George, Kate juga dibantu Marcus Setchell.

Orang Tua Nggak Memiliki Hak Asuh

Hasil gambar untuk queen elizabeth with grandchildren

Ratu Inggris mempunyai hak asuh atas anak-anak kerajaan. (The Royal UK)

Menurut undang-undang yang diberlakukan lebih dari tiga abad lalu, Ratu Inggris memiliki hak asuh penuh atas anak yang lahir dalam keluarga kerajaan. Aturan ini kali pertama diperkenalkan Pangeran George I pada 1717 silam seperti ditulis laman Independent, Selasa (7/5).

Kendati begitu, hal ini hanya bersifat formalitas. Ratu biasanya membiarkan anak-anaknya membesarkan buah hati mereka sendiri.

Pengumuman Resmi Dipasang di Easel

Gambar terkait

Pemasangan pengumuman di Easel. (Webz)

Sudah menjadi tradisi, berita kelahiran di keluarga kerajaan bakal diumumkan melalui buletin yang diletakkan di atas kuda-kuda di halaman depan Istana Buckingham. Bentuk pengumuman itu berupa buletin tulisan tangan berbingkai yang biasanya dibawa keluar dari pintu Privy Purse setelah dibawa ke Istana dengan mobil dan ditandatangani resmi tim medis yang bertugas saat proses kelahiran.

Memakai selimut G.H. Hurt & Sons

Gambar terkait

Selimut G.H Hurts & Sons khusus untuk keluarga kerajaan. (Look Magazine)

Bayi kerajaan yang baru saja lahir bakal langsung dibungkus dengan selimut khusus dari G.H. Hurt & Sons. Selimut tersebut dibuat perusahaan pakaian rajut yang berbasis di Nottingham. Pangeran Charles menjadi bangsawan pertama yang dibalut dalam selimut spesial ini.

Prosesi Hormat Senjata

Gambar terkait

Prosesi hormat senjata. (BBC)

Setelah Istana Buckingham mengumumkan kelahiran bayi, mereka lantas mengadakan prosesi hormat senjata. Tembakan voli dulu dilakukan tentara di Hyde Park dan Menara London untuk menghormati kelahiran Charlotte ke dunia. Setelah itu, ada tentara dari Troop Royal Horse Artiller dari Wellington Barracks, dekat Istana Buckingham, yang bertugas untuk menembakkan 41 tembakan. Saat itu, The Honourable Artillery Company juga melakukan 62 tembakan penghormatan di Menara London.

Yap, karena keluarga kerajaan sangat eksklusif, nggak heran kalau perlakuan pada bayi kerajaan pun sangat istimewa. Selamat Meghan Markle atas kelahiran putranya! (IB24/E04)