Begini Cara Usir Rasa Canggung Saat Berbicara dengan Orang Baru

Begini Cara Usir Rasa Canggung Saat Berbicara dengan Orang Baru
Ilustrasi ngobrol dengan orang baru. (Shutterstock)

Bertemu dan berkomunikasi dengan orang baru memang memicu rasa canggung, terlebih bila kamu seorang introver. Nggak jarang kamu bingung untuk memulai percakapan. Jangan khawatir, ada tips untuk mengurangi rasa canggung itu nih.

Inibaru.id – Kamu tipe orang yang mudah canggung dan bingung untuk memulai pembicaraan dengan orang baru? Tenan saja, nggak cuma kamu kok yang merasakan hal itu. Sejumlah orang juga mersakan hal serupa dan itu wajar.

Berkomunikasi dengan orang baru memang membutuhkan ide percakapan seru dan nggak monoton. Nggak hanya itu, kamu pun harus memperhatikan hal-hal yang dapat membantumu mengatasi rasa canggung itu misalnya lima hal di bawah ini.

Membuka Diri

Bukalah dirimu terhadap lingkungan baru. (Pexels)

Jika kamu tetap menutup diri, orang lain pun akan canggung bahkan untuk sekadar menyapamu. Karena itu, mulailah membuka diri agar orang lain pun lebih mudah memulai percakapan dan berbagi informasi denganmu.

Dengarkan Lawan Bicara

Cobalah menjadi pendengar yang baik. (Family Share)

Menjadi pendengar yang baik memang bukan hal mudah. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa melakukannya. Fokuslah mendengarkan obrolan dari lawan bicaramu tanpa berusaha mengomentari atau menyanggahnya. Dengan begitu, dia akan merasa dihargai dan nyaman berbicara denganmu.

Peka dengan Lawan Bicara

Pekalah dengan reaksi lawan bicaramu. (Sahabatmarina)

Nggak cukup hanya menjadi pendengar, komunikasi pun harus terjadi dua arah, Millens. Kamu perlu peka dengan reaksi yang diberikan lawan bicaramu. Jika dia memberi tanda nggak tertarik dan nggak nyaman dengan topik pembicaraan, artinya kamu harus segera mengakhiri atau mengganti topik pembicaraan.

Buat Pertanyaan Terbuka

Buatlah pertanyaan terbuka. (Thinkstockphotos)

Laman Halodoc (25/4/2018) menulis memberi pertanyaan terbuka merupakan cara efektif untuk memulai suatu percakapan. Tanyakan hal apapun di luar privasi yang memungkinkan obrolan berlangsung lebih lama misalnya, “Bagaimana perjalanan tadi?”

Berhenti Memikirkan Kekhawatiranmu Sendiri

Percayalah pada dirimu sendiri. (Shutterstock)

Semakin kamu khawatir dengan rasa canggungmu, hal itu dapat menjadi sugesti yang buruk untuk dirimu sendiri. Jadi, berhentilah memikirkan kekhawatiranmu sendiri dan percaya dirimu bisa melalui momen itu.

Memulai percakapan dengan orang baru memang agak susah. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa melakukannya. Yakinkan dirimu pasti bisa! (IB10/E04)