5 Tips Simpel Agar Kamu Kembali Percaya dengan Cinta

5 Tips Simpel Agar Kamu Kembali Percaya dengan Cinta
Cinta sejati selalu membuat hati bahagia. (Newlovetimes)

Pengkhianatan sering membuat seseorang trauma jatuh cinta. Tapi bukan berarti kamu harus meninggalkan perihal cinta. Sebab selain menyakitkan cinta juga dapat menguatkan.

Inibaru.id – Cinta dan sakit hati adalah dua hal yang nggak bisa dipisahkan. Seseorang yang sedang dimabuk cinta harus siap jika sewaktu-waktu harus juga merasakan sakit hati.

Eit, cinta nggak hanya sakit hati aja lo. Emosi yang terbungkus dalam cinta juga dapat memberikan efek positif yang bisa mengalahkan hal negatif dalam diri seseorang. Misalnya, orang yang sedang jatuh cinta akan bertambah semangat belajar karena ada dukungan dari kekasihnya.

Nah, jika kamu pernah patah karena cinta, kamu nggak boleh langsung berasumsi bahwa cinta itu selalu menyakitkan ya. Karena pada dasarnya cinta juga bakal bikin kamu bahagia. Buat kamu yang merasa trauma dan nggak bisa percaya dengan cinta lagi harus banget baca ulasan ini.

1. Buka Hari Baru dan Syukuri Setiap Harinya

Lupakan yang lalu, mari buka lembaran baru. (Tellingthetruth1993)
Lupakan yang lalu, mari buka lembaran baru. (Tellingthetruth1993)

Memang nggak mudah melupakan kenangan dari seseorang yang telah mengkhianatimu. Tapi itu bukan alasan untuk kamu selalu terpuruk. Percayalah jika kamu memiliki kesempatan untuk menjadi lebih baik disetiap harinya.

Syukurilah dengan cara menikmati setiap kegiatanmu. Namun jika kamu merasa nggak terberkahi, mungkin Tuhan sedang memberikanmu pelajaran dalam hidup.

2. Cinta Adalah Keikhlasan

Jalani sesuatu dengan ikhlas. (Pexels/Radu Florin)
Jalani sesuatu dengan ikhlas. (Pexels/Radu Florin)

Nggak ada hubungan yang baik-baik saja. Jika dia yang kamu inginkan justru nggak bisa bersamamu, ikhlaskan saja. Belajarlah untuk menerima sepenuh hati. Karena yang bukan ditakdirkan untukmu memang akan pergi meninggalkanmu.

Jangan jadikan penyesalan hingga membuatmu menyalahkan diri sendiri karena semua itu bukan kesalahanmu seutuhnya. Percayalah kamu akan bahagia meski nggak lagi bersama. Mari sambut kembali cinta yang hadir.

3. Jangan Samakan Orang Baru dengan Mantan

Bangunlah masa depan tanpa melihat ke belakang. (Shutterstock.com)
Bangunlah masa depan tanpa melihat ke belakang. (Shutterstock.com)

Mungkin pelajaran yang lalu mampu membuatmu melihat mana yang cocok untukmu. Pemahaman tentang pasangan ideal harus kamu ganti dengan cara yang lebih adaptif. Sehingga saat seseorang mulai mengulurkan tangan kamu akan lebih mudah mengenali.

Namun jangan samakan dia dengan yang pernah memberi luka. Fokuslah dengan dirimu sendiri agar kamu tau apa yang kamu butuhkan.

4. Bersikaplah Dewasa Meski Belum Siap

Dewasalah dengan selalu merundingkan keganjalan hati. (shutterstock.com)
Dewasalah dengan selalu merundingkan keganjalan hati. (shutterstock.com)

Kenyataannya sakit hati dapat membuat seseorang menjadi lebih dewasa. Setelah dikhianati kamu memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri dengan lebih luas. Meski sebenarnya kamu belum siap untuk menghadapi hal ini, mau nggak mau harus siap menyambut tantangan. Kegagalan hubungan dapat menjadikanmu pribadi yang lebih dewasa.

5. Berdamailah dengan Diri Sendiri

Banyak kenangan dalam hidup mulai dari yang pahit hingga yang manis. Agar kamu nggak selalu mengingat kenangan pahit, kamu perlu berdamai dengan dirimu sendiri. Masalalu adalah guru agar kamu menjadi jauh lebih baik. Mari sambut masa depan dengan lebih semangat!

Jangan sampai pengalaman msa lalu membuatmu berkecil hati hingga trauma berkepanjangan. Hari esok masih panjang dan kamu pantas bahagia. (IB30/E05)