Hijaber, Ikuti Tips Naik Motor Berikut Yuk Biar Aman dan Nyaman

Hijaber, Ikuti Tips Naik Motor Berikut Yuk Biar Aman dan Nyaman
Seorang hijaber pemotor. (Wolipop/Silmia Putri)

Siapa bilang hijaber ribet kalau berkendara naik motor? Kalau tahu tipsnya, naik motor tetap aman dan nyaman bagi para hijaber.

Inibaru.id – Punya bodi ramping dan gesit adalah keunggulan sepeda motor. Model transportasi ini pun masih menjadi primadona di kalangan masyarakat karena bisa menghindari kemacetan. Selain itu, naik motor pribadi juga bisa menghemat waktu dan biaya.

Namun, pengendara sepeda motor mesti memastikan keselamatannya sebelum berkendara. Selain memakai perlengkapan berkendara, kostum saat naik motor juga penting diperhatikan, terutama bagi hijaber. Asal tahu triknya, hijaber nggak bakal ribet naik motor, kok. Yuk, simak tips-tips naik motor bagi hijaber berikut.

Pastikan Pakaian Nggak Menjuntai

Hindari pakaian yang menjuntai hingga ke bagian bawah motor. (Detik)

Sebelum mulai berkendara, pastikan pakaianmu nggak menjuntai hingga ke bagian bawah motor terutama jika kamu memakai rok atau gamis. Baju atau rok yang menjuntai ke bawah berisiko terlilit rantai dan mengakibatkan kecelakaan. Kamu bisa mengantisipasi hal itu dengan melipat bagian yang menjuntai lalu mendudukinya.

Pakai Hijab yang Nyaman

Pilih bahan dan model hijab yang nyaman. (Otosia)

Hindari pemakaian hijab yang terlalu ketat maupun longgar. Penggunaan helm dan hijab yang terlalu ketat dapat membuat kepalamu pusing. Sementara itu, hijab yang terlalu longgar tentu dapat mengganggu penglihatanmu, kan?

Perhatikan Pemakaian Jarum Pentul

Pastikan jarum pentul terpakai dengan baik. (Youtube/Galeri Ariani)

Pemakaian jarum pentul yang nggak pas dapat berisiko membuat jarum tertancap dalam helm atau bahkan melukai dirimu sendiri. Pastikan jarum pentul terpasang secara sempurna dan nggak longgar. Oh iya, hindari pemakaian jarum pentul yang berlebihan ya!

Pakai Aksesoris Hijab Setelah Sampai Tujuan

Pakai aksesoris tambahan saat tiba di tujuan. (Instagram/Thataljundiah)

Memakai aksesoris tambahan hijab seperti bros atau anting saat memakai helm tentu akan membuatmu nggak nyaman. Bahkan, hal itu dapat melukai dirimu sendiri. Aksesoris maupun bahan hijab juga bisa rusak bila dipaksakan. Nah, lebih baik pakai ketika sudah sampai tujuan saja.

Rajin Melirik Spion

Rajinlah melirik spion untuk memeriksa kondisi hijab. (Wolipop/Silmia Putri)

Selain untuk memeriksa kondisi jalanan di belakangmu, rajin melihat spion bertujuan untuk memastikan kondisi hijab dan pakaianmu. Jangan sampai nggak sadar kalau ternyata hijab yang kamu kenakan menjuntai atau pakaianmu berkibar-kibar ya.

Meski menggunakan hijab, siapa bilang kalau kamu nggak bisa berkendara dengan aman dan nyaman? Selama tahu tips dan triknya, kamu tetap bisa bepergian naik motor tanpa masalah. Selamat berkendara! (IB10/E04)