5 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Bus

5 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Bus
Ilustrasi mudik naik bus. (Adigempol.wordpress)

Bus merupakan salah satu alat transportasi andalan pemudik untuk kembali ke kampung halaman. Ketersediaan armada yang mumpuni dan harga tiket yang cenderung lebih terjangkau adalah beberapa alasannya. Kalau kamu mau mudik naik bus, perhatikan hal-hal ini demi keselamatanmu dan barang bawaanmu ya.

Inibaru.id – Mudik nggak hanya bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi. Berbagai transportasi umum pun tersedia bagi calon pemudik untuk kembali ke kampung halaman. Nggak kalah dengan kendaraan pribadi, transportasi umum terus berbenah demi kenyamanan perjalanan penumpang.

Salah satu transportasi umum yang bisa kamu tumpangi untuk perjalanan mudik adalah bus. Namun, sebelum memulai perjalanan dengan bus, simak tips mudik dengan bus berikut yuk!

Berangkat dari Agen

Ilustrasi agen bus. (agen-bus-safari-dharma-raya-dan-putra-bangsa)

Bus umunya diberangkatkan melalui terminal. Namun, nggak bisa dimungkiri keamanan terminal belum sepenuhnya terjamin, terutama di musim mudik Lebaran. Ada baiknya kamu berangkat dari agen operator bus untuk menghindari keramaian dan risiko kejahatan yang kerap terjadi di terminal.

Tempatkan Bagasi Sesuai Tujuan

Ilustrasi barang di bagasi bus. (Bonsaibiker)

Untuk menghindari risiko barang bawaan tertukar dengan penumpang lain, kamu bisa mengatur penempatan barang bawaanmu di bagasi. Kalau tujuanmu bukanlah kota terakhir, lebih baik tempatkan barang bawaan di bagasi sisi kiri. Hal ini akan mempermudah kernet bus untuk menurunkan barang seperti ditulis laman Kompas, (11/7/2015).

Pisahkan Barang Berharga

Pisahkan barang berharga dalam kemasan barang bawaanmu. (Pegipegi)

Pisahkan barang yang nggak kamu gunakan selama perjalanan dan barang yang akan kamu gunakan selama perjalanan. Barang yang nggak kamu gunakan seperti baju dan oleh-oleh bisa kamu masukkan ke bagasi. Sementara itu, barang yang kemungkinan bakal kamu gunakan seperti ponsel, dompet, dan uang bisa kamu bawa di dalam bus. Pastikan barang-barangmu tetap dalam pengawasanmu, ya!

Bawa Turun Barang Berharga Saat Istirahat

Bawa turun barang berhargamu saat istirahat. (iStockphotos)

Bila kamu menempuh perjalanan yang jauh, biasanya bus akan berhenti di rumah makan atau tempat peristirahatan lainnya. Di saat seperti itu penumpang diimbau untuk turun dari bus. Nah, jangan lupa bawa turun juga barang bawaanmu untuk menghindari risiko kejahatan.

Siapkan Uang Kecil dan Makanan Ringan

 

Ilustrasi bekal perjalanan. (Shutterstock)

Durasi waktu perjalanan via darat yang nggak bisa diprediksi mungkin akan menyita tenaga dan membuatmu lapar. Makanan ringan bisa menjadi temanmu melewati perjalanan itu. Siapkan pula uang kecil untuk berjaga-jaga jika kamu pengin membeli minuman atau makanan ringan. Jadi, nggak perlu ribet merogoh dompet deh.

Setelah tahu tips-tips mudik dengan menggunakan bus di atas, kamu tentu lebih siap untuk menghadapi perjalanan mudik dengan bus, kan? Semoga perjalanan mudik menyenangkan, Millens! (IB10/E04)