5 Tips Menyudahi Scrolling Media Sosial

5 Tips Menyudahi <em>Scrolling</em> Media Sosial
Ilustrasi bermain gawai. (Poconggg)

Berselancar di media sosial kerap menyita waktu dan sulit untuk dihentikan. Hal itu berdampak pada banyaknya kegiatan yang terabaikan dan kamu menjadi nggak produktif.

Inibaru.id – Pernah nggak sih kamu merasa berat untuk meninggalkan kehidupan media sosialmu barang sejenak? Padahal, niatnya cuma mau membuka sebentar, tapi malah keterusan. Kalau nggak bisa dihentikan seperti itu, kegiatan yang sudah kamu rencanakan bisa terabaikan.

Dampak lain yang kamu alami ketika tenggelam dalam media sosial adalah kehilangan banyak waktu. Kamu pun jadi nggak produktif karena hanya asyik berselancar di dunia maya sepanjang waktu.

Nah,supaya kamu bisa menyudahi kebiasaan buruk itu, coba deh lakukan tips-tips ini.

Bersikap Skeptis

Rasa skeptis diperlukan saat bermain media sosial. (iStockphoto)

Saat bermedia sosial, rasa skeptis dan peka diperlukan agar kamu nggak terjebak dalam dunia maya. Yap, kamu perlu mengingat nggak semua hal yang ada di media sosial sama seperti yang ada di dunia nyata. Karena itu, nggak sepadan rasanya kalau kamu harus menghabiskan waktu dengan hanya scrolling media sosialmu.

Tetapkan Waktu Bermedia Sosial

Batasi waktumu dalam bermedia sosial. (Health.grid)

Cobalah untuk menetapkan waktu untuk bermain media sosial. Sebagai contoh, kamu hanya membuka media sosial 15 menit di pagi hari, 20 menit di siang hari, dan 30 menit di malam hari. Kamu bebas mengatur sendiri waktu yang kamu butuhkan asal nggak berlebihan.

Eits, jangan lupa taati peraturan yang kamu buat sendiri ya! Dengan demikian, kamu akan lebih menghargai waktu dan nggak berlebihan berselancar di dunia maya.

Pasang Alarm

Ilustrasi alarm di gawai. (Thehowtohelper)

Agar jadwal media sosial yang kamu tetapkan benar-benar terlaksana, nggak ada salahnya lo untuk memasang alarm di gawai. Saat alarm itu berbunyi, kamu harus benar-benar berhenti mengakses media sosial dan kembali menjalankan aktivitas lagi.

Terapkan “Waktu Bebas Gawai”

Banyak hal yang bisa kamu lakukan tanpa gawai. (Networkedindia)

Cobalah terapkan “Waktu Bebas Gawai” dalam keseharianmu. Salah satu contohnya kamu nggak akan mengakses media sosial setelah pukul 19 hingga esok pagi. Tanpa gawai, kamu bisa melakukan hal-hal lain seperti membaca buku, menonton televisi, atau bertemu sahabat. Pikiran dan badanmu pun akan istirahat sejenak dari pengaruh gawai yang mengikat.

Log Out

Log out dari media sosial untuk menghindari kecanduan bermain media sosial. (Twitter/peterchubb)

Akun yang terus terhubung di gawai akan mendorongmu untuk selalu mengecek update terbaru di media sosialmu seperi yang ditulis Blogsociety.com (13/7/2016). Jadi, nggak ada salahnya setiap selesai berselancar di media sosial, segera log out akunmu dari gawai. Dengan cara itu, dorongan untuk terus membuka media sosial akan berkurang.

Bagaimana, Millens? Siap untuk membatasi diri dari media sosial? Yuk, coba terapkan tips-tips di atas! (IB10/E04)