5 Tips Menjaga Konsistensi Diet Agar Berat Badan Turun Sesuai Target

5 Tips Menjaga Konsistensi Diet Agar Berat Badan Turun Sesuai Target
Menjaga konsistensi diet bisa menurunkan berat badan mencapai target. (via Tempo)

Kebanyakan orang gagal untuk diet lantaran nggak sabaran dalam menjalani sebuah proses. Mereka cepat bosan dan nggak konsisten pada dietnya. Berikut ini tips buat kamu agar dapat menjaga konsistensi diet. Apa saja ya?

Inibaru.id - Yang namanya konsisten menjalankan pola hidup sehat memang nggak gampang. Apalagi kalau targetnya mencapai berat badan ideal. Padahal konsistensi dalam menjaga berat badan sangat penting. Jangan mimpi bisa mendapat berat badan ideal tanpa sifat istiqamah ya?

Kebanyakan orang gagal karena ingin cepat mendapatkan hasil dalam waktu yang singkat. Jadi, nggak heran jika berbagai obat diet laris manis di pasaran. Beberapa bahkan berani mengklaim berat badan bisa berkurang tanpa olahraga.

Hal ini bisa berdampak pada keberhasilan diet, lo. Bukan nggak mungkin berat badan justru bertambah karena nggak diiringi pola hidup sehat yang dijalani dengan konsisten.

Nah, berikut ini beberapa tips agar bisa konsisten diet untuk mencapai berat badan ideal. Apa saja? 

1.      Buat jadwal sarapan sehat setiap harinya

Cara pertama agar konsisten dalam diet adalah nggak melewatkan sarapan. Banyak orang yang melewatkan sarapan demi makan sekali atau dua kali dengan harapan cepat kurus. Padahal sarapan itu penting lo untuk metabolisme tubuh.

Sebaiknya buatlah jadwal menu sarapan dengan cara yang kreatif sebagai pengingat agar nggak melupakan waktu sarapan kamu. Menu sarapan juga nggak melulu yang berat. Kamu bisa memilih oatmeal yang dicampur yoghurt dan toping aneka buah. Bisa juga dengan roti gandum berisi telur dan sayur. Kreasikan sekreatif kamu ya Millens!

2.      Siapkan camilan sehat

Meski sudah sarapan di pagi hari kamu harus tetap makan camilan yang sehat ya! Camilan sehat ini membantu mengurangi makan-makanan yang nggak sehat. Beberapa camilan yang bisa dipilih berupa buah-buahan seperti apel, semangka, jeruk atau melon.

Selain itu, kue rendah kalori bisa dicoba. ita juga Jangan lupa untuk menghitung kalori yang telah diasup setiap harinya ya biar nggak kebablasan.

3.      Buatlah bekal sehat untuk makan siang

Biasakan bawa bekal sendiri. (Shutterstock/natu via Merdeka)
Biasakan bawa bekal sendiri. (Shutterstock/natu via Merdeka)

Selain hemat pengeluaran, membawa bekal sendiri jauh lebih sehat. Bekal yang kamu bawa bakal mencegahmu membeli makanan nggak sehat. Ada tiga jenis beras yang baik dikonsumsi saat diet, contohnya nasi merah, nasi hitam, dan nasi coklat. Ketiga beras ini punya kandungan gula yang sedikit dibanding dengan nasi putih lo!

Jenis nasi itu juga bikin perut terasa jauh lebih kenyang. Kondisi ini bikin kamu ogah makan banyak sehingga kalori terkontrol. Untuk lauknya pilihlah lauk yang rendah kalori tapi tinggi protein seperti ikan, telur, tahu dan dada ayam. Jangan lupa kombinasikan juga dengan sayur dan buah untuk memenuhi nutrisi yang seimbang ya, Millens!

4.      Olahraga secara rutin

Tanpa berolahraga penurunan berat badan akan jauh lebih lama dibandingkan dengan orang yang diet dengan berolahraga. Jika malas berolahraga di luar rumah cukup olahraga di rumah. Kamu bisa memanfaatkan internet untuk mencari gerakan yang mudah dilakukan.

Bergabung dengan komunitas olahraga juga dapat menambah motivasi saat diet lo! Olahraga lari, bersepeda, atau bela diri juga dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

5.      Hindari gaya hidup yang nggak sehat

Cara terakhir agar konsisten dalam menjalankan diet yaitu dengan menjauhi gaya hidup yang nggak sehat. Jangan lupa perbanyak minum air putih atau infused water agar tubuh terhidrasi dengan baik. Hindari juga mengonsumsi makanan cepat saji dan minuman beralkohol.

Itulah beberapa tips menjaga konsistensi diet agar berat badan turun mencapai target. Meski awalnya terasa berat tapi selanjutnya akan mudah dijalani kok. Selamat mencoba ya, Millens!(Cnn/MG43/E05)