5 Tips Mendesain Dapur yang Ciamik: Warna, Bentuk, dan Pencahayaan

5 Tips Mendesain Dapur yang Ciamik: Warna, Bentuk, dan Pencahayaan
Desain dapur perlu dipertimbangkan agar nyaman. (Shutterstock/Breadmaker via Kompas)

Dapur merupakan tempat orang menghabiskan sebagian besar waktu. Karena itu, nggak berlebihan rasanya jika pemilik rumah mengeluarkan uang lebih agar dapur nyaman. Berikut ini, beberapa tips agar dapurmu tetap menarik meski zaman berganti.

Inibaru.id – Selain kamar tidur dan ruang tamu, tempat di rumah yang perlu pertimbangan matang adalah dapur.

Banyak orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menata dapur secantik dan senyaman mungkin.

Karena itu, biar kamu nggak menyesal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merenovasi dapur. Untuk menghindari pemborosan, berikut ini tips untuk menciptakan dapur yang tak lekang oleh waktu.

Mengutip Real Simple, para profesional desainer interior memberikan beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan dalam mendesain dapur.

5 Tips Mendesain Dapur

Dapur dengan warna monokrom yang simpel bisa menjadi pilihan tepat. (Freepik)
Dapur dengan warna monokrom yang simpel bisa menjadi pilihan tepat. (Freepik)

1. Sesuaikan dengan Selera

Kalau kamu penggemar warna merah muda, cat saja dapurmu dengan warna itu. Selama kamu cocok, tentu saja nggak bakal ada pikiran untuk mengubahnya dalam waktu dekat. Jadi, jangan tergiur dengan warna lain yang kamu lihat di Instagram.

Maka, pikirkan dulu baik-baik daripada menyesal. Meskipun hanya mengganti cat, tetap saja kamu harus mengeluarkan uang lebih, kan?

2. Gunakan Bahan Alami untuk Meja Dapur

Untuk menciptakan kesan dapur yang taklekang oleh waktu, kamu perlu memperhatikan meja dapur. Karena memakan tempat yang lumayan banyak, kamu perlu memikirkan baik-baik bahan meja dapurmu.

"Jika memungkinkan, saya selalu menyarankan klien untuk menggunakan bahan alami seperti marmer, batu sabun, atau kuarsit sebagai bahan meja mereka,"  kata Clara Jung dari Banner Day Interiors. "Bahan-bahan alami ini memiliki umur yang lebih panjang daripada batu buatan seperti kuarsa,” 

Setuju kan kalau batu alam nggak pernah ketinggalan zaman, Millens?

3. Pakai Pola dan Warna Simpel

Menggunakan warna, pola, dan model yang nggak biasa mungkin trendi. Sayangnya, ini nggak bertahan lama. Maka, sebaiknya gunakanlah pola desain yang sederhana, tapi elegan. Hindari juga warna yang terlalu mencolok.

4. Pilih Lampu Dapur Klasik

Saat memilih perlengkapan lampu, disarankan untuk memilih lampu dengan bentuk klasik dan sederhana yang nggak terlalu ramai.

Bola lampu kaca dan sentuhan akhir seperti nikel hitam jadi pilihan yang baik dan selalu terlihat bagus di dapur.

5. Prioritaskan Fungsi ketimbang Bentuk

Memang, material dan pencahayaan punya peran besar dalam desain dapur secara keseluruhan, tapi menciptakan tata letak yang fungsional adalah faktor penting untuk dipertimbangkan.

Pastikan juga untuk mengatur “segitiga dapur” dengan baik. Segitiga dapur adalah tiga titik utama (wastafel, kompor, dan lemari es) yang sebaiknya diletakkan nggak terlalu jauh antara satu dengan yang lain.

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat mendesain dapur agar senantiasa menarik meski zaman berganti. Oya, kamu tetap bisa lo mengikuti tren seperti menggunakan lap piring dengan warna yang sedang hype, memasang stiker wallpaper di area kecil atau dinding aksen, atau meletakkan tanaman hias dan rangkaian bunga palsu, kok.

Kalau dapur tertata dengan apik, jadi nggak malu-maluin kan ketika harus memasak “live” di depan tamu? (Siti Zumrokhatun/E03)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul “Mau Punya Dapur yang Tak Lekang Waktu? Hindari Warna dan Lampu Ini”.