5 Tips Mencegah Masalah Kulit Akibat Pemakaian Masker

5 Tips Mencegah Masalah Kulit Akibat Pemakaian Masker
Kelamaan pakai masker ternyata nggak baik untuk kulit. (Unsplash.com)

Imbauan pemerintah untuk pemakaian masker ternyata berdampak pada kulit wajah sensitif. Jangan panik, dulu. Yuk, baca ulasan ini.

Inibaru.id – Upaya pemerintah untuk mencegah penularan virus corona yaitu dengan menghimbau masyarakat mengenakan masker saat keluar rumah. WHO menerangkan dengan memakai masker dapat mengurangi risiko penularan. Masker kain pun menjadi alternatif untuk dipakai oleh masyarakat, sedangkan masker bedah dan masker N95 digunakan oleh tenaga medis.

Namun pemakaian masker dalam jangka panjang dapat menimbulakn masalah pada kulit, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Bagian wajah yang tertutup masker akan berkeringat. Nggak hanya itu, kulit juga mudah terluka akibat gesekan masker pada kulit.

Nah, agar terhindar dari hal yang nggak diinginkan kamu perlu mencoba cara mencegah kerusakan kulit akibat sering memakai masker.

1. Memilih Masker Sesuai Ukuran Wajah

Saat membeli masker pilihlah masker dengan ukuran sama dengan wajah kamu. Jangan memakai masker yang terlalu sempit dan terlalu kuat pengikatnya sebab dapat menyebabkan kulit iritasi. sementara masker berukuran terlalu besar nggak bisa menutup mulut dan hidung dengan sempurna.

2. Pahami Batasan Waktu Penggunaan Masker

Beri batasan waktu untuk melepas masker. (Shutterstock)
Beri batasan waktu untuk melepas masker. (Shutterstock)

Sebaiknya kamu membuka masker setiap 2 jam sekali. Kamu bisa mencari tempat sepi dan aman untuk melakukannya. Dengan begitu tekanan yang terjadi pada wajah akan berkurang dan kamu pun dapat membersihkan wajah saat membuka masker.

Hal ini dianjurkan karena bagian kulit wajah yang tertutup masker terasa panas. Minyak dan keringan pun terperangkap dalam beberapa waktu hingga mengakibatkan tertutupnya pori-pori yang menyebabkan jerawat dan komedo. Hi

3. Rutin Membersihkan Wajah

Jangan malas bersihkan wajah. (Curriedayspa.com)
Jangan malas bersihkan wajah. (Curriedayspa.com)

Mentang-mentang tertutup masker setiap hari, kamujadi enggan membersihkan wajah. Justru kamu harus memberi perhatian ekstra pada wajah karena kini memakai masker. Produksi keringat berlebihan akibat kulit yang panas tertutup masker menyebabkan jerawat dan komedo menghalangi kulit cerahmu. Oleh sebab itu, kamu perlu rajin membersihkan kulit.

4. Gunakan Pelembab Sebelum Memakai Masker

Gunakan pelembab sebelum memakai masker. (Shutterstock)
Gunakan pelembab sebelum memakai masker. (Shutterstock)

Satu hal yang harus kamu pahami bahwa kelembaban dan hidrasi kulit harus selalu terjaga agar kulit wajahmu nggak kering. Karena kulit kering bakal lebih mudah teriritasi, apalagi ditambah geseran yang terjadi pada wajah karena masker. Jadi, pelembab sangat dianjurkan untuk mencegah iritasi kulit. Gunakanlah pelembab sebelum memakai masker kurang lebih 1 jam sebelumnya.

5. Rajin Mengganti Masker

Masker kain harus dicuci berkala, maksimal 4 jam setelah pemakaian. (Shutterstock)
Masker kain harus dicuci berkala, maksimal 4 jam setelah pemakaian. (Shutterstock)

Dalam keadaan seperti ini, kebersihan sangat diutamakan. Oleh sebab itu kamu harus rajin mengganti masker, apalagi jika maskermu sudah kotor atau rusak. Jangan paksakan, sebab kotoran yang menempel pada masker dapat berpindah ke kulit wajahmu dan menyebabkan infeksi.

Nah, itu adalah beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk pencegahan masalah kulit wajah akibat terlalu lama menggunakan masker. Tapi bakal lebih baik lagi kalo kamu nggak lama-lama di luar rumah deh Millens. Selalu jaga kesehatan ya! (IB30/E05)