5 Tips Hadapi Pacar yang Otoriter

5 Tips Hadapi Pacar yang Otoriter
Sabar adalah kunci hadapi pacar otoriter. (Shutterstock/Creativa)

Jangan sampai karena nggak bisa menjaga hati dan kepala dingin hubunganmu kandas di tengah jalan. Yuk simak tipsnya!

Inibaru.id – Punya pacar yang otoriter memang bikin nggak nyaman. Kamu butuh tips khusus untuk menghadapi doi yang otoriter demi mempertahankan hubunganmu.

Khusus kamu yang punya pacar otoriter dan merasa bisa menerima kekurangannya kamu perlu memperhatikan hal berikut.

1. Turuti Keinginannya, Tapi Sampaikan Jika Itu Nggak Sesuai Keinginanmu

Saat dia menyuruhmu memakai rok sedangkan kamu kurang suka dengan rok. Kamu bisa menyampaikannya jika hal itu membuatmu kurang nyaman. Meski demikian nggak ada salahnya kamu menuruti keinginanya, namun cobalah untuk mengungkapkan apa yang kamu inginkan dan nggak kamu inginkan.

2. Biasakan Dia untuk Mendengarkan Pendapatmu

Kamu perlu membiasakan telinganya untuk mendengar pendapatmu dan pandanganmu. Buat dia tahu kalau kamu juga bisa memberikan solusi dari suatu persoalan. Buktikan padanya bahwa kamu bisa diandalkan.

3. Tetap Berorientasi dengan Apa yang Membuat Kamu Bahagia

Kamu boleh mencintai seseorang tapi kamu nggak boleh mencintainya dengan berlebihan. Kamu memiliki hak untuk menyuarakan dan menyampaikan pendapatmu. Jangan sampai perasaan cintamu membuat kamu menderita.

4. Jangan Coba Mengubahnya dengan Buru-buru

Sifat otoriter yang sudah dia miliki sejak lama nggak mungkin hilang begitu saja. Semua butuh proses. Kamu nggak bisa maksa dia begitu saja. Biarkan dia menyadari letak kesalahannya, karena dengan memaksa akan membuat dia berpikir bahwa kamu nggak bisa terima dia apa adanya.

5. Tegaslah Jika Dia Mulai Semena-mena

Kamu harus bisa menentukan batasan untuk menghadapi kelakuannya. Kamu perlu mengambil tindakan atas perlakuannya yang mungkin menyakitimu. Dia perlu tau jika dia salah dan kamu harus mengatakanya dengan pelan-pelan.

Percayalah, lambat laun sifat keras dan suka maksa itu bakal berubah menjadi suatu hal yang kamu rindukan. Kamu hanya perlu sabar dan tetap lembut menghadapinya. Setiap perlakuan yang dia berikan kepadamy pasmi memiliki niat baik tersendiri. (IB30/E05)