5 Tips Berpuasa Bagi Si Penderita Mag

Memiliki riwayat sakit mag nggak menjadi halangan bagimu untuk tetap berpuasa. Jika dilakukan dengan benar, kamu akan terhindar dari risiko mag kambuh selama puasa.

5 Tips Berpuasa Bagi Si Penderita Mag
Ilustrasi berbuka puasa. (iStockphotos)

Inibaru.id ­– Menderita sakit mag bukan menjadi alasan untuk nggak menjalankan ibadah puasa. Sejumlah penelitian bahkan menganjurkan para penderita mag untuk berpuasa karena justru bermanfaat bagi kesehatan lambung. Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat puasa.

Nah, agar kamu semakin yakin untuk menjalankan ibadah puasa meski memiliki riwayat sakit mag, simak lima hal berikut yuk!

Segera Berbuka Saat Waktunya Tiba

Ilustrasi berbuka puasa. (Shutterstock)

Saat azan magrib berkumandang, segera batalkan puasamu meski hanya dengan minuman dan makanan ringan. Menunda buka puasa dikhawatirkan mengakibatkan asam lambung naik karena kamu sudah menahan makan dan minum selama hampir seharian.

Makanlah secara Perlahan

Mengonsumsi kurma baik untuk mengawali buka puasa. (iStockphotos)

Meski dianjurkan langsung berbuka, lebih baik jangan langsung konsumsi makanan berat dulu. Mulailah berbuka dengan segelas air hangat dan makanan ringan seperti roti atau kurma. Kunyahlah makanan secara perlahan agar makanan benar-benar terasa lembut sehingga mudah dicerna. Mengonsumsi makanan secara terburu-buru dalam porsi besar dikhawatirkan membuat lambung “kaget” dan terasa sakit.

Konsumsi Makanan yang Lambat Dicerna

Gandum dan nasi merah merupakan makanan yang lambat dicerna. (Shutterstock)

Selain mengonsumsi makanan secara perlahan, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna. Makanan itu di antaranya karbohidrat yang tinggi serat seperti gandum dan nasi merah. Makanan yang lambat dicerna akan lebih lama bertahan di dalam perut dan bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Hindari Makanan yang Bisa Meningkatkan Asam Lambung

Gorengan merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan asam lambung. (MielPhotos2008)

Untuk menghindari risiko mag kumat, hindari mengonsumsi makanan yang bisa menaikkan asam lambung. Makanan yang berisiko meningkatkan asam lambung antara lain cokelat, gorengan, dan buah-buahan yang mengandung asam seperti jeruk dan lemon.

Konsumsi Obat

Ilustrasi mengonsumsi obat. (Shutterstock)

Jika mag yang kamu derita sudah tergolong akut, ada baiknya kamu mengonsumsi obat saat sahur dan berbuka. Tentu saja dengan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya. Dengan begitu, puasamu akan lebih lancar dan terhindar dari risiko mag kambuh.

Nggak ada salahnya bagimu untuk mencoba menerapkan hal-hal di atas untuk menghindari risiko mag kambuh saat berpuasa. Jadi, siapa takut berpuasa meski punya sakit mag? (IB10/E04)