5 Tips Mencegah Quarter Life Crisis

5 Tips Mencegah Quarter Life Crisis
Quarter life crisis. (Stafco.com)

Setiap orang memang berpotensi mengalami Quarter Life Crisis (QLC). Namun, kamu bisa mencegah terjadinya krisis itu, kok!

Inibaru.id – Setiap orang yang berusia 20-30 tahun rentan mengalami Quarter Life Crisis (QLC). Orang yang mengalami krisis itu biasanya merasa galau, khawatir, bahkan menutup diri dari kehidupan sosialnya. Sebagian di antaranya bahkan takut untuk sekadar bertemu tetangga atau temannya.

Psikolog Putri Marlenny mengatakan hal ini memang wajar terjadi pada tahapan perkembangan kehidupan seseorang. Kendati begitu, terlalu lama larut dalam krisis ini nggak baik untuk masa depan.

“Biar nggak mengalami krisis berkepanjangan, kita harus punya persiapan untuk masa depan, punya arah dan tujuan yang jelas, tahu bagaimana mencapai cita-cita yg diinginkan, dan terlebih lagi bergerak alias berusaha. Yang selanjutnya secara religiusitas kita juga tetap pasrah dan berpikir positif apa hasil yg akan kita dapatkan setelah usaha yg maksimal,” jelas Putri.

Lebih lanjut, perempuan yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Rumah Duta Revolusi Mental Kota Semarang itu punya beberapa tips untuk mencegah quarter life crisis. Cekidot!

  1. Kenali Diri Sendiri

Kenali diri sendiri. (Naldz Graphics)

Mulailah untuk memahami apa potensi dan kelemahanmu, Millens. Atasi kelemahan dan terus kembangkan potensimu. Hal ini bisa kamu mulai dengan cara mengikuti beberapa kegiatan yang sesuai dengan renjanamu.

  1. Tentukan Arah Hidup

Tentukan jalan hidup. (Care N Assist)

Menentukan arah hidup adalah satu hal yang penting. Nggak hanya tujuan jangka pendek, tujuan jangka panjang pun perlu kamu tetapkan dari sekarang. Rencanakan masa depanmu dan tulis beberapa keinginan yang ingin kamu capai. Oh iya, tentukan juga cara mencapainya agar impianmu terasa realistis.

  1. Perbanyak Jejaring Pertemanan

Bersama teman-teman. (Hercampus.com)

Jalin komunikasi dengan teman teman dan carilah grup atau kelompok yang bersifat positif. Dengan menyibukkan diri bersama teman-teman, kamu nggak akan merasa sendirian, Millens.

  1. Pasrah pada Yang Kuasa Setelah Berusaha Maksimal

Bersyukur. (MensXP.com)

Tegar dan tetap semangat saat ada hal yang tidak sesuai dengan keinginanmu, tetap berpikir positif, dan persisten dalam berusaha. Setelah berusaha, jangan lupa berdoa dan pasrah kepada Tuhan. Jangan kecewa jika hasilnya belum sesuai dengan keinginanmu. Tenang saja, Tuhan punya waktu terbaik untuk kamu, kok!

  1. Jadilah Pribadi yang Fleksibel

Fleksibel. (Aleanjourney.com)

Jadilah orang yang fleksibel, Millens. Semua hal bisa berubah kapan saja. Nah, kamu perlu menyiapkan diri untuk segala perubahan yang terjadi. Jangan lupa yakinkan dirimu bahwa kamu selalu bisa menghadapi semua tantangan!

Gimana Millens? Sudah siap berdamai dengan quarter life crisis? Don't worry, be happy ya! (Verawati Meidiana/E04)