5 Tips Agar Tetap Semangat Saat Puasa

5 Tips Agar Tetap Semangat Saat Puasa
Puasa nggak berarti malas-malasan. (Futuready.com)

Puasa bukan alasan buat kamu malas menjalankan aktivitas. Beberapa hal berikut bakal bantu kamu agar nggak cepat lelah meski sedang berpuasa.

Inibaru.id - Aktivitas padat sehari-hari sangat melelahkan, apalagi saat berpuasa. Energi bakal terkuras lebih banyak dibanding hari biasa. Lakukan 5 tips berikut agar puasamu lebih berenergik dan nggak cepat lelah!

Konsumsi Karbohidrat Kompleks Saat Sahur

Saat sahur dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Berbeda dengan karbohidrat biasa, karbohidrat kompleks memiliki energi yang lebih banyak untuk membantu tubuh agar nggak mudah lelah. Hindari makanan berlemak jenuh yang hanya membuatmu cepat lelah saat berpuasa.

Tidur Teratur

Selain makanan, waktu tidur juga berpengaruh dalam aktivitas sehari-hari. Kurangnya waktu tidur atau nggak teraturnya jam tidur bakal bikin kamu capet lelah saat puasa. Usahakan tidur cukup dan teratur agar tubuh tetap bisa beraktivitas.

Konsumsi Madu Saat Sahur

Madu menyimpan energi yang bisa menguatkan saat kamu berpuasa. Yups, madu adalah gula jenuh atau fruktosa yang mengandung energi agar tubuh nggak mudah lelah. Nggak cuma itu, mengkonsumsi madu juga bermanfaat buat meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur agar siang hari tetap semangat.

Minum Air Putih

Kurang mengkonsumsi air putih bakal bikin tubuh mudah lelah. Apalagi pas puasa seperti ini. Untuk itu sangat dianjurkan minum air putih saat sahur maupun berbuka.

Jangan Beraktivitas di Terik Matahari

Saat berpuasa hindari aktivitas di bawah sinar matahari secara langsung. Karena cahaya matahari bikin kamu berkeringat dan mudah lelah.

Puasa bukan alasan buat bermalas-malasan ya, Millens. Tips ini bisa banget kamu gunakan biar nggak mudah lelah dalam beraktivitas sehari-hari saat puasa. Yuk semangat puasa! (IB30/E05)