5 Hal Ini Menandakan Kamu Kecanduan Kosmetik

5 Hal Ini Menandakan Kamu Kecanduan Kosmetik
Kegemaran pada kosmetik bisa berubah menjadi candu. (Eblogfa)

Kosmetik sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi millenials, khususnya perempuan. Tanpa disadari, kegemaran mengoleksi kosmetik dapat berubah menjadi rasa candu yang harus kamu waspadai.

Inibaru.id – Mengoleksi kosmetik bukan hal asing bagi milenial saat ini. Kosmetik seakan menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun, tanpa disadari, kegemaranmu pada kosmetik dapat menjadi candu.

Kalau kamu merasakan hal-hal berikut ini, bisa jadi kamu sudah kecanduan kosmetik, Millens.

Belanja Kosmetik Berlebihan

Belanja kosmetik berlebihan adalah salah satu tanda kamu kecanduan kosmetik. (Cantiknyakulitsehat)

Rasa candu terhadap kosmetik membuatmu selalu pengin belanja produk kecantikan itu hingga melebihi kebutuhan pokok. Kamu juga cenderung membeli kosmetik yang mendapat ulasan bagus dari beauty vlogger.

Banyak produk yang sebenarnya nggak terlalu penting tapi tetap kamu beli. Kalau sudah begitu, anggaran untuk kebutuhan utamamu bisa saja terabaikan hanya karena belanja kosmetik.

Menyimpan Kosmetik Kedaluwarsa

Ilustrasi koleksi kosmetik. (Pinkpeonies)

Saking seringnya belanja kosmetik, koleksimu pun akan semakin menumpuk. Kosmetik yang sudah kedaluwarsa pun masih kamu simpan karena terlalu suka dengan produk tersebut. Padahal, hal itu cukup riskan karena bisa saja kamu salah mengambil kosmetik kedaluwarsa tersebut.

Gemar Mampir ke Gerai Kosmetik

Saat kecanduan kosmetik, kamu selalu pengin mengunjungi gerai penjualan kosmetik. (Shutterstock)

Saat kamu pergi ke mal atau swalayan, kamu nggak pernah absen mengunjungi bagian penjualan kosmetik. Yap, meski hanya untuk melihat-lihat atau mencoba, kamu akan selalu berbelok ke toko-toko itu. Hal ini bisa bahaya kalau kamu nggak bisa menahan diri. Bisa-bisa kantongmu jebol karena tergoda dengan produk yang ada.

Membawa Kosmetik Lengkap ke Mana pun

Ilustrasi isi tas kosmetik. (Diaryhijaber)

Setiap perempuan tentu pengin tampil cantik di setiap suasana. Nggak heran kalau banyak yang membawa kosmetik ke mana-mana. Gulalives.co menulis, kalau sekadar bedak dan lipstik mungkin masih dianggap wajar.  Namun, kalau kamu selalu membawa kosmetik lengkap dalam tasmu, bisa jadi itu tanda-tanda kecanduan, Millens.

Nggak Pede Tanpa Kosmetik

Ilustrasi memakai kosmetik. (Thebodyshop)

Banyak orang yang memakai kosmetik supaya lebih percaya diri dan maksimal tampil di depan umum. Nah, kalau kamu kecanduan memakai kosmetik, kamu akan merasa nggak percaya diri kalau harus pergi tanpa kosmetik seperti ditulis Teen.co.id, (7/8/2018).

Fyi, kulitmu juga butuh istirahat dari pengaruh bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik, lo. Jadi, ada baiknya kamu nggak terus menerus memakai mekap.

Di antara beberapa tanda di atas, ada yang sudah kamu alami nggak nih? Gemar dengan kosmetik sah-sah saja kok, asal tahu batasannya, Millens. (IB10/E04)