5 Tanaman Hias yang Viral Selama Pandemi dan Harganya

5 Tanaman Hias yang Viral Selama Pandemi dan Harganya
Selama pandemi, masyarakat kembali menggandrungi tanaman hias. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Selama pandemi, banyak orang yang melirik aktivitas berkebun. Nggak heran jika permintaan tanaman hias kian meningkat. Hal ini juga mempengaruhi harga tanaman yang kadang nggak masuk akal. Hm, tanaman apa saja yang viral selama pandemi?

Inibaru.id – Selama pandemi, paling nggak ada 5 tanaman hias viral yang digandrungi masyarakat. Demam tanaman hias ini nggak cuma terjadi di Indonesia, tapi juga Amerika Serikat. Sebuah survei yang pernah dilakukan situs asal Amerika Serikat, Stoneside Blinds and Shades terhadap 990 patisipan yang telah membeli tanaman sejak Maret 2020 mengungkap hal yang cukup mengejutkan.

Sebanyak 12 persen partisipan mengaku membeli tanaman hias untuk kali pertama. Dalam survei tersebut, terungkap pula alasan orang membeli tanaman selama Covid-19 melanda. Hasilnya, 65 persen mengaku pengin mempercantik rumah, 57 persen pengin menanam sendiri makanan, 54 persen membeli tanaman untuk mengalihkan fokus dari kondisi dunia, dan 49 persen pengin membeli tanaman hias untuk mengisi waktu.

Bagaimana dengan Indonesia? Kalau itu sih nggak perlu dipertanyakan lagi. Permintaan tanaman hias makin meningkat selama pandemi. Masyarakat bahkan seolah nggak peduli harganya yang gila-gilaan. Hm, kira-kira tanaman hias apa saja yang viral selama pandemi ya?

1. Monstera Adansonii (Janda Bolong)

Janda bolong. (Shutterstock via Greeners)
Janda bolong. (Shutterstock via Greeners)

Tanaman hias jenis monstera menjadi salah satu yang viral di kalangan pencinta tanaman baru atau lawas. Jenis monstera memang ada banyak, Millens, tapi yang paling banyak diburu adalah Monstera Adansonii atau janda bolong. Harga tanaman ini bahkan tembus ratusan juta Rupiah.

Sebagai informasi, Adansonii asalnya dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Orang luar negeri menyebutnya dengan The Swiss Cheese. Sebutan ini disesuaikan dengan bentuk daunnya yang menyerupai keju Swiss. Jadi, ada bolong-bolongnya gitu.

Batang tanaman hias ini nggak kaku sehingga dapat menjuntai. Cocok banget dijadikan tanaman gantung. Nggak cuma digantung, janda bolong juga bisa dijadikan tanaman merambat.

Jenis monstera lain yang juga sedang naik daun adalah monstera king. Daun monstera yang juga disebut deliciosa ini dapat tumbuh hingga satu meter. Harganya bisa mencapai puluhan juta Rupiah.

2. Aglaonema

Aglaonema. (Ditjen Hortikultura Kementan)
Aglaonema. (Ditjen Hortikultura Kementan)

Dari monstera, kita berpindah ke aglaonema atau aglonema. Selama Covid-19, tanaman hias ini juga laris manis. Daunnya yang berwarna hijau pekat keperak-perakan dan semburat merah ini memang cocok menghias ruangan.

Menukil Planet House Plants, aglonema berasal dari hutan hujan Asia Tenggara. Tanaman hias viral ini juga banyak ditemukan di Thailand, Indonesia, dan Malaysia. Katanya, nama Aglaonema diambil dari Bahasa Yunani Kuno yang artinya ‘tanaman mengkilap’. Di Indonesia, aglonema sering disebut sebagai ‘sri rejeki’. Konon, tanaman ini dapat memberikan energi positif dan rezeki bagi pemiliknya.

Meski aglonema mudah tumbuh, namun perawatannya harus benar. Harga aglonema bisa dibilang jauh lebih terjangkau dibanding monstera, yakni mulai puluhan hingga ratusan ribu Rupiah.

3. Keladi atau Caladium

Caladium white queen. (iStockphoto/KenWiedemann)
Caladium white queen. (iStockphoto/KenWiedemann)

Tanaman hias viral berikutnya adalah keladi atau Caladium. Berasal dari Brasil, keladi banyak ditemukan di negara-negara tropis, termasuk Indonesia. Keladi memiliki ciri pada daunnya yang menyerupai hati. Tekstur daunnya juga cenderung licin.

Ada beberapa jenis tanaman keladi. Salah satunya yang viral adalah hybrid monstruomus. Harganya bisa mencapai Rp 5 juta.

4. Rhaphidophora

Sekilas, rhaphidosphora tetrasperma mirip dengan monstera ya. (Twitter @BTtoronto)
Sekilas, rhaphidosphora tetrasperma mirip dengan monstera ya. (Twitter @BTtoronto)

Tanaman yang berasal dari Afrika ini memiliki bentuk daun yang unik. Rhaphidophora tetrasperma juga sering disebut mini monstera. Rhaphidophora yang belakangan ini banyak diburu adalah Rhaphidophora Tetrasperma. Harganya pun nggak main-main, Millens. New York Post melaporkan, tanaman ini dibanderol Rp 77 juta. Wow!

Di Indonesia, Rhaphidophora ditawarkan dengan harga bervariasi mulai Rp 50 ribu hingga Rp 1,2 jutaan.

5. Calathea Orbifolia

Calathea Orbifolia. (Bukalapak)
Calathea Orbifolia. (Bukalapak)

Terakhir, ada Calathea Orbifolia. The Plant List menulis, tanaman ini adalah salah satu spesies tanaman asli Bolivia, Amerika Selatan. Karena bentuknya yang cantik dan berdaun lebar, biasanya tanaman ini dijadikan penghias rumah. Tanaman ini bisa hidup dengan baik di tempat teduh, lembab, dan air yang banyak.

Di antara tanaman-tanaman hias viral di atas, mana nih yang sudah kamu miliki, Millens? (Kum/IB21/E07)