5 Rekor Baru Tercipta di Final NBA 2019

5 Rekor Baru Tercipta di Final NBA 2019
Kawhi Leonard saat membawa Toronto Raptors juara NBA 2019. (Buffalonews)

Gelar juara NBA kali ini diraih Toronto Raptors. Selain itu, terdapat beberapa rekor tercipta dari babak final NBA 2019. Apa sajakah rekor-rekor tersebut?

Inibaru.id – Babak final kompetisi basket Amerika Serikat NBA 2019 telah usai. Toronto Raptors keluar sebagai juara setelah mengalahkan juara musim sebelumnya, Golden State Warriors. Hal ini membuat Golden State gagal meraih gelar juara ketiga secara beruntun.

Selain kejutan tersebut, babak final NBA 2019 juga menciptakan beberapa rekor baru. Berikut adalah rekor-rekor tersebut.

Tim Kanada Pertama yang Menjuarai NBA

Toronto Raptors bukanlah tim yang berasal dari Amerika Serikat, melainkan Kanada. Dari total 30 tim yang berlaga di NBA, hanya Raptors yang berasal dari luar negeri. Sebelum ini, ada tim dari Kanada lainnya yang juga mengikuti NBA, yakni Vancouver Grizzlies.Namun, pada 2000, tim ini pindah ke wilayah AS, tepatnya di kota Memphis.

Kemenangan Raptors membuatnya menjadi tim pertama dari luar Amerika Serikat yang memenangi NBA.

Poin Tertinggi Kedua dalam Sejarah NBA

Duet pemain Raptors, Kawhi Leonard dan Pascal Siakam mampu mencatatkan rekor poin tertinggi kedua dalam sejarah NBA dengan total skor 1.187. Mereka hanya kalah dari duet Le Bron James dan Dwayne Wade saat membawa Miami Heat juara pada 2012 dengan total poin 1.222. Hanya saja, rekor Leonard dan Siakam mampu mengungguli duet legendaris Michael Jordan-Scott Pippen dengan poin 1.187 dan Shaquelle O’Neal – Kobe Bryant dengan poin 1.172 seperti ditulis laman Kompas, Sabtu (15/6/2019).

Kakak Beradik Gasol menjadi Juara NBA

Marc Gasol selama ini berada di bayang-bayang saudaranya, Pau Gasol yang sudah meraih dua gelar juara NBA bersama dengan LA Lakers pada 2009 dan 2010. Kemenangan Raptors yang dibela Marc membuat kakak beradik dari Spanyol ini sama-sama meraih gelar juara.

Kawhi Leonard, Spesialis Penakluk Juara Bertahan

Saat masih membela San Antonio Spurs, Kawhi Leonard menggagalkan upaya Miami Heat untuk juara NBA tiga kali beruntun pada 2014. Kini, dia melakukan hal yang sama pada Golden State Warriors.

Duet Kawhi Leonard dan Danny Green Juara di Dua Klub yang Berbeda

Sebelum sama-sama membantu Raptors untuk menjadi juara NBA 2019, Kawhi Leonard dan Danny Green ternyata juga pernah mengantarkan Spurs juara NBA pada 2019.

Selamat atas gelar juara perdananya, ya, Toronto Raptors! (IB09/E04)