5 Rekomendasi Rest Area Terbaik Tol Trans Jawa di Jawa Tengah

Untuk menjaga stamina tubuh selama perjalanan mudik, istirahat tentu diperlukan. Fasilitas rest area di sepanjang jalan tol bisa menjadi pilihan tepat untuk istirahatmu.

5 Rekomendasi Rest Area Terbaik Tol Trans Jawa di Jawa Tengah
Salah satu gerbang tol di Jawa Tengah. (Kompasiana)

Inibaru.id – Bagi para pemudik dengan mobil yang akan melintasi Jawa Tengah, menggunakan fasilitas jalan bebas hambatan atau jalan tol adalah pilihan yang tepat. Dengan lewat jalan tol, perjalanan mudikmu akan lebih lancar karena terhindar dari macet yang biasa ditemui di jalan umum.

Saat ini jalan tol Trans Jawa juga sudah membentang dari Jakarta hingga Surabaya. Meski lebih lancar dan cepat, pemudik tetap harus memperhatikan keselamatan dan kesehatan di perjalanan ya. Kalau sudah lelah atau mengantuk, lebih baik menepi di rest area terdekat.

Nah, ngomong-ngomong mengenai rest area, Inibaru.id punya rekomendasi lima tempat terbaik di sepanjang Tol Trans Jawa yang ada di Jawa Tengah. Berikut daftar rest area terbaik yang patut kamu singgahi.

Rest Area KM 5 (Tol Jatingaleh-Krapyak)

Gerbang tol Jatingaleh. (Gridoto

Lokasi rest area ini dekat dengan pusat Kota Semarang, Millens. Fasilitas umum seperti toilet, masjid, dan pusat oleh-oleh melengkapi rest area ini. Bangunannya pun cukup luas sehingga kamu bisa beristirahat dengan lebih leluasa.

Rest Area KM 86 (Tol Cikopo-Palimanan)

Rest area di Tol Cikopo-Palimanan. (Kompas/Dani Prabowo)

Rest area ini dilengkapi dengan fasilitas masjid, toilet, tempat parkir, rumah makan, ATM, pelayanan kesehatan, dan bengkel siaga. Lengkap bukan?

Rest Area KM 391 (Tol Semarang-Batang)

Rest area KM 391. (Jasamarga Properti)

Rest area satu ini baru saja diresmikan akhir 2018 silam. Kamu bisa menikmati ragam kuliner daerah seperti kupat glabed dan satai blengong khas Tegal, serta soto tauto khas Pekalongan. Rest area yang berada di Kabupaten Kendal ini juga dilengkapi fasilitas toilet, masjid, posko kesehatan, dan bengkel siaga.

Rest Area KM 429 (Tol Semarang-Bawen)

Gambar terkait

Fasilitas di rest area KM 22. (myimage)

Berada di Kabupaten Ungaran, rest area ini termasuk megah karena dilengkapi beberapa restoran dan kafe ternama. Ada juga fasilitas toilet, masjid, dan SPBU di sana. Pemandangan Gunung Ungaran pun menjadi latar belakangnya. Dulu rest area ini bernama KM 22 tapi sekarang diubah menjadi KM 429 karena dihitung mulai gerbang awal Tol Trans Jawa.

Rest Area KM 456 (Tol Semarang-Solo)

Resta Pendopo 456. (Kompas/Hilda B Alexander)

Rest area yang dikenal dengan sebutan Resta Pendopo 456 ini berada di Kabupaten Salatiga. Di sana kamu bisa memanjakan mata dengan pemandangan alam yang indah. Rest area ini dilengkapi dengan masjid, toilet, galeri seni, ruang kuliner, ruang ritel, dan SPBU yang beroperasi 24 jam.

Perjalanan mudik yang menyita jarak dan waktu harus dilalui dengan aman dan nyaman. Untuk itu, kamu juga harus memperhatikan waktu istirahatmu ya, Millens. Singgahlah di rest area yang disediakan di sepanjang jalan tol agar mudikmu tetap berjalan lancar. (IB10/E04)