5 Rekomendasi Buah yang Ampuh Atasi Sembelit

5 Rekomendasi Buah yang Ampuh Atasi Sembelit
Beberapa buah-buahan dapat mengatasi sembelit. (Shutterstock/Alexander Rahts via Kompas)

Ada beberapa sebab seseorang mengalami sembelit atau susah buang air besar yaitu kurang minum air putih, pola makan yang nggak teratur, jarang berolahraga, mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan sering menahan BAB. Sembelit yang dibiarkan tentu bakal memicu penyakit lain. Berikut ini beberapa buah yang dapat mengatasi sembelit.

Inibaru.id - Siapa pun kamu pasti merasa sangat nggak nyaman ketika mengalami sembelit atau susah buang air besar. Sembelit adalah gangguan pada sistem pencernaan saat seseorang mengalami pengerasan feses yang berlebih. Karena keras, feses jadi sulit keluar. 

Kamu dikatakan mengalami sembelit kalau buang air besar kurang dari tiga kali seminggu, tekstur feses sangat keras, nggak bisa mengeluarkannya dengan mudah, atau merasakan sakit ketika berusahamengeluarkan feses ketika buang air besar. Jenis dan tingkat keparahan gejala dapat bervariasi pada setiap orang, lo, mulai dari yang ringan hingga kronis.

Penyebab Sembelit

Sembelit dapat disebabkan beberapa faktor. Tapi yang paling umum karena pergerakan makanan yang lambat ketika melalui sistem percernaan. Makanan bergerak lambat karena seseorang kurang minum air putih, pola makan yang sangat buruk, sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, jarang berolahraga, memiliki penyakit yang mempengaruhi sistem saraf, gangguan mental, atau kebiasaan menahan buang air besar.

Tapi kamu jangan khawatir Millens! Umumnya, sembelit dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan kaya serat. Apa saja? 

1.      Pir

Buah pir yang kaya akan serat ini sangat baik untuk pencernaan lo! Di dalamnya terdapat fruktosa dan sorbitol yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Fruktosa bermanfaat untuk menarik air sehingga dapat merangsang gerakan usus dan mempercepat percernaan makanan. Sedangkan sorbitol merupakan pencahar alami dengan cara membawa air ke dalam usus. 

2.      Apel

Sama seperti pir, apel juga kaya akan serat. Apel dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan menambah jumlah bakteri baik di dalam usus. Kandungan serat pektin mampu membentuk asam lemak rantai pendek yang dapat menarik air ke usus besar. Manfaatnya, tinja dapat menjadi lunak. Untuk memaksimalkan serat apel, sebaiknya makan beserta kulitnya ya. 

3.      Pepaya

Pepaya dikenal sebagai pencahar alami. (Medmuch via Kompas)
Pepaya dikenal sebagai pencahar alami. (Medmuch via Kompas)

Sudah bukan rahasia lagi jika pepaya dapat mengatasi sembelit. Buah yang mengandung serat tinggi dan vitamin A serta C ini memang dikenal sebagai pencahar alami. Pepaya juga memiliki enzim papain yang dapat mencerna makanan terutama protein. Jika mengonsumsinya setiap hari, kamu bisa terhindar dari masalah sembelit dan perut kembung.

4.      Semangka

Semangka memang nggak punya banyak serat, tapi buah ini tinggi kadar airnya. Buah menyegarkan ini mengandung 92 persen air sehingga dapat memperlancar pencernaan. Dilansir dari Web MD semangka memiliki nutrisi berupa antioksidan, likopen, dan vitamin A, B dan C.

5.      Kurma

Buah yang dapat mengatasi sembelit selanjutnya adalah kurma. Mengonsumsi kurma setiap hari dapat menghindarkan kamu dari masalah pencernaan. Buah ini memang kaya serat. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan topping.

Nah itu dia beberapa rekomendasi buah yang dapat mengatasi sembelit. Selamat mencoba! (CNN,Kom/MG43/E05)