5 Realita Melamar Kerja yang Harus Kamu Hadapi dengan Sabar

5 Realita Melamar Kerja yang Harus Kamu Hadapi dengan Sabar
Suasana khas saat mencari pekerjaan. (shutterstock)

Buat kamu yang telah mendapat pekerjaan, sudah selayaknya kamu bersyukur. Karena pada kenyataannya, mendapatkan pekerjaan nggak semudah yang dibayangkan.

Inibaru.id – Ekspetasi tinggi tentang pekerjaan kadang membuat kamu harus menelan pil pahit. Bayangan saat sekolah ingin secepatnya bekerja dengan gaji tinggi dan posisi penting di sebuah perusahaan ternyata membutuhkan proses yang amat pahit. Karena mendapatkan pekerjaan itu nggak semudah yang kamu bayangkan saat sekolah.

Berikut adalah realita melamar kerja yang bakal kamu hadapi!

Bersaing dengan Ratusan Orang Untuk Satu Posisi

Banyak orang berpikir, melonjaknya pengangguran disebabkan oleh kurangnya perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Padahal banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan baik untuk para freshgraduate maupun yang sudah berpengalaman.

Meski banyak perusahaan yang membuka lowongan, tapi pelamar yang datang juga jauh lebih banyak. Misal dibuka lowongan untuk posisi admisnistrasi, maka yang melamar bisa mencapai puluhan hingga ratusan orang.

HRD Kurang Cermat Membaca Surat Lamaran

Dalam sehari sebuah perusahaan bisa menerima ratusan surat lamaran. Jika semua surat itu dibaca maka akan membutuhkan waktu yang lama. Nah, sebab itu perusahaan hanya membaca lamaran yang menarik perhatian dan paling memenuhi kualifikasi. Sedangkan sisanya akan dibiarkan atau dibuang begitu saja.

Mungkin terdengar nggak adil buat kamu yang bernasib sama, oleh sebab itu pastikan lamaranmu adalah lamaran yang paling menarik dan memenuhi kualifikasi.

Dari Ratusan Lamaran, Hanya Satu yang Mendapat Panggilan

Banyak orang bilang, salah satu trik untuk bisa cepat mendapat panggilan kerja adalah dengan melamar ke banyak perusahaan. Tapi trik ini nggak selalu bisa sukses. Mengingat banyak pula pelamar yang melamar.

Karena perusahaan hanya memanggil mereka yang sesuai dengan kriteria. Jadi jangan heran kalo dari puluhan lamaran yang kamu sebar, hanya ada satu dua perusahaan yang memanggil untuk interview.

Giliran Loker Sudah Sesuai Minat, Kualifikasi yang Diinginkan Sangat Tinggi

Setiap orang memiliki pekerjaan impian. Sayangnya saat ada lowongan yang sesuai dengan harapan justru kualifikasi yang diinginkan perusahaan sangat tinggi. Hm, hal ini kadang membuat kita harus menelan pahit. Makanya, mumpung ada waktu ada baiknya kamu tingkatkan kualitas dirimu dengan belajar.

Beberapa Perusahaan Mengandalkan Orang dalam Untuk Mencari Karyawan Baru

Beberapa perusahaan membuka lowongan kerja dengan mengikut job fair atau memasang pengumuman di media sosial.

Alih-alih membuat pengumuman, banyak perusahaan yang lebih memilih untuk mengandalkan orang dalam untuk mendapatkan karyawan baru. Selain simpel, cara ini juga dinilai lebih cepat bagi perusahaan untuk mendapatkan karyawan sesuai kriteria.

Persaingan pekerjaan kadang harus membuat kau menurunkan standarmu untuk mendapatkan pekerjaan. Tapi percayalah, apapun pekerjaanmu itu sudah menjadi rejeki yang digariskan untukmu. Syukuri apa yang sudah kamu dapatkan. (IB30/E05)