5 Penyebab Insentif Kartu Prakerja Nggak Kunjung Cair

5 Penyebab Insentif Kartu Prakerja Nggak Kunjung Cair
Kenapa insentif nggak kunjung cair? (Okezone)

Penerima manfaat Kartu Prakerja terancam nggak bisa menerima insentif sebesar Rp 3.550.000 jika melakukan hal ini. Apa saja?

Inibaru.id - Insentif Kartu Prakerja dijadwalkan akan ditransfer ke rekening penerimanya maksimal 5 Maret 2021. Para penerima manfaat diminta untuk menyambungkan nomor rekening atau e-wallet. Namun ada beberapa penerima manfaat mengaku belum menerima insentif.

PMO Kartu Prakerja dalam akun Instagramnya mengungkapkan bahwa penerima Kartu Prakerja yang belum menautkan rekening atau e-wallet maka mereka nggak bisa menerima dana insentif. Nantinya dana insentif yang nggak tersalurkan ini akan kembali ke kas negara.

Nah buatmu yang dinyatakan lolos sebagai penerima Kartu Prakerja dan menyelesaikan pelatihan, namun hingga kini insentifmu belum cair, mungkin penyebabnya adalah beberapa hal di bawah ini.

Sudah sambungkan nomor rekening? (CNN Indonesia)
Sudah sambungkan nomor rekening? (CNN Indonesia)

Penyebab Insentif Kartu Prakerja Belum Cair

1. Belum mengisi ulasan pada Platform Digital

2. Belum memberikan rating/penilaian pada Platform Digital

3. Nomor rekening atau akun e-wallet yang kamu daftarkan pada Kartu Prakerja nggak aktif

4. Akun e-wallet kamu belum di-upgrade atau melakukan KYC (verifikasi KTP dan swafoto)

5. Data KTP dan swafoto yang didaftarkan pada e-wallet nggak sesuai dengan yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja.

Kamu bisa ikut gelombang ke-13. (Prakerja.go.id)
Kamu bisa ikut gelombang ke-13. (Prakerja.go.id)

Para penerima manfaat Kartu Prakerja akan mendapat insentif sebesar Rp 3.550.000 yang terdiri dari dana pelatihan sebesar Rp 1.000.000, insentif pasca-pelatihan sebesar Rp 600.000 selama 4 bulan, serta Rp 150.000 untuk insentif survey.

Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi serta pelaku wirausaha mikro.

Nah buatmu yang sudah berulang kali gagal mendaftar Kartu Prakerja, kini pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 telah dibuka mulai Kamis (4/3) lalu. Pastikan kamu mengakses Kartu Prakerja lewat laman resmi www.prakerja.go.id.

Tetap semangat ya, millens! (Kom/IB27/E05)