5 Penemuan Berharga di Bawah Laut yang Sempat Menggegerkan Dunia

5 Penemuan Berharga di Bawah Laut yang Sempat Menggegerkan Dunia
Ilustrasi harta karun bawah laut. (Nydailynews)

Dunia bawah laut memang menyimpan misteri, termasuk penemuan berbagai harta berupa bangkai kapal hingga reruntuhan kota. Nggak heran berbagai benda berharga turut ditemukan dan kemudian menjadi populer di dunia. Apa saja?

Inibaru.id – Cerita tentang harta karun di bawah laut ternyata bukan isapan jempol belaka. Penemuan ini bukan hanya berbentuk harta karun, namun juga kapal karam hingga kota yang hilang.

Beberapa di antaranya ditemukan berkat riset dan pencarian yang sangat lama. Sisanya ditemukan karena ketidaksengajaan. Lalu apa saja sih penemuan bawah laut spektakuler yang sempat mengguncang dunia?

1. San Jose

Bangkai kapal san Jose. (BBC)
Bangkai kapal san Jose. (BBC)

San Jose merupakan kapal perang Spanyol yang membawa harta perak emas dan zamrud senilai milyaran Dollar. Kapal tersebut kemudian tenggelam setelah melewati pertempuran dengan kapal-kapal Inggris pada 1708 di lepas pantai Cartagena, Columbia.

Pada 2015 lalu, atau 300 tahun dari peristiwa tersebut, San Jose ditemukan di dasar laut oleh kendaraan bawah laut REMUS 6000. Kemudian hari lokasi tersebut dikenal dengan kuburan bangkai kapal.

2. Titanic

Bangkai Titanic. (Titanic Superforum)
Bangkai Titanic. (Titanic Superforum)

Siapa yang nggak kenal kapal legendaris yang sudah difilmkan ini? Karam pada pelayaran perdananya tahun 1912 karena menabrak gunung es, Titanic kemudian ditemukan pada 1985 oleh ahli kelautan Robbert Ballad secara nggak sengaja dalam misi rahasia pencarian kapal perang dingin. Yap, selama 70 tahun Titanic karam di kedalaman dua setengah mil dari permukaan dan nggak diketahui keberadaannya oleh siapapun.

3. Heracleion

Reruntuhan Heracleion. (Discoveralex.com)
Reruntuhan Heracleion. (Discoveralex.com)

Heracleion ditemukan di lepas pantai Mesir dekat muara sungai Nil pada tahun 2000 oleh arkeolog bawah laut Frank Goddio. Berbagai reruntuhan kota ditemukan berupa artefak bersejarah, permata, keramik dan koin dan kemudian dipamerkan di Museum Seni Saint Louis AS. Penemuan ini memperkuat bukti bahwa Atlantis (kota-kota yang tenggelam) bukan dongeng belaka.

4. Kapal Emas

Penemuan di Ship of Gold. (Telegraf)
Penemuan di Ship of Gold. (Telegraf)

Ship of Gold adalah salah satu harta terbesar dalam sejarah AS. Kapal yang dipenuhi Gold Rush ini tenggelam di lepas pantai Carolina Selatan pada 1857. Pemburu harta karun Tommy Thompson kemudian menemukan bangkai kapal ini pada 1988 dan kemudian menghadapi tuntutan hukum atas hak hasil curian.

Pada ekspedisi berikutnya yaitu tahun 2014, sebanyak 40 juta emas batangan serta koin berhasil diambil. Entah atas dasar apa, ada informasi yang mengatakan kalau masih banyak benda berharga yang masih tertinggal.

5. Bangkai Kapal Belitung

Ilustrasi perairan Belitung. (Klikkabel)
Ilustrasi perairan Belitung. (Klikkabel)

 Nelayan Indonesia dari pulau Belitung menemukan kapal abad ke-9 pada 1988. Hal ini membuktikan bahwa Rute Sutera-Maritim perdagangan Tiongkok dan Timur Tengah benar-benar ada. Bangkai kapal yang ditemukan merupakan koleksi terbesar dari artefak Tang Tiongkok dalam satu tempat yang disebut dengan Tang Treasure. Kebanyakan berbentuk keramik buatan Tiongkok dan Arab.

Nah itulah beberapa penemuan berharga yang ditemukan di bawah laut. Kamu paling tertarik dengan yang mana nih, Millens? (Tri/IB27/E05)