Lima Pemain Persija Dihukum Komdis PSSI, Gede Widiade Lakukan Banding

Direktur Utama Persija Gede Widiade ajukan banding terkait hukuman Komdis terhadap lima pemainnya. Pihak Persija masih ingin mengetahui apakah pemainnya benar salah atau tidak.

Lima Pemain Persija Dihukum Komdis PSSI, Gede Widiade Lakukan Banding
Segenap pemain Persija meminta maaf terkait menyebarnya video yang menghina suporter Persib Bandung, Viking. (Tribunnews.com)

Inibaru.id – Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi kepada lima pemain Persija Jakarta terkait video penghinaan pada suporter Persib Bandung, Viking. Kelima pemain yang dihukum Komdis PSSI itu adalah Gunawan Dwi Cahyo, Ahmad Syaifullah, Jaimerson Xavier, Asri Akbar, dan Riko Simanjuntak.

Hukuman tersebut berupa denda Rp 15 juta dan kerja sosial mengampanyekan antirasial baik di media sosial pribadi maupun klub Persija. Namun, rupanya Direktur Utama Persija Jakarta Gede Widiade pengin melakukan banding terkait hukuman tersebut.

"Saya menerima, tetapi akan melampirkan banding karena tanpa dasar hukuman. Kalau si pengadil tidak bisa membuktikan siapa yang melakukan, lalu dasar denda Rp 15 juta itu apa? Jadi, hal ini jangan dijadikan alat untuk memutuskan secara sepihak. Tidak bagus" kata Gede seperti ditulis Kompas.com, Sabtu (14/4/2018).

Gede juga mengatakan, hukuman tersebut dirasa kurang adil, terutama denda uang yang nggak sedikit. Hal ini karena ada pemain Persija yang gajinya nggak sebesar denda tersebut.

Masalah perkataan rasial, Gede mengaku nggak hanya pemain Persija yang seharusnya menghilangkan kata-kata tersebut tapi seluruh masyarakat Indonesia. Dia juga masih pengin mengetahui bukti autentik yang dijadikan dasar untuk menghukum pemainnya.

"Kalau faktanya video, saya bisa saja menyampaikan kalau Persija (Jakmania) juga sering dijelek-jelekkan dan ada rekamannya. Namun, saya tidak mau, makanya saya kemarin menyampaikan permintaan maaf secara terbuka selaku pimpinan tertinggi di Persija," ujar pengusaha asal Surabaya ini.

Kelima pemain Persija dihukum Komdis PSSI setelah video mereka yang dianggap menghina pendukung Persib Bandung tersebar di media sosial. Dalam video yang berdurasi 24 detik tersebut, Gunawan Dwi Cahyo dan Riko Simanjuntak menjadikan Viking sebagai bahan candaan seperti yang ditulis Cnnindonesia.com (28/3).

Hm, semoga masalah ini cepat selesai ya, Millens. (IB07/E04)