5 Pekerjaan yang Nggak Perlu Ijazah Ini Bisa Bikin Kamu Kaya

5 Pekerjaan yang Nggak Perlu Ijazah Ini Bisa Bikin Kamu Kaya
Ini 5 profesi tanpa ijazah yang bisa bikin kamu kaya. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Meski nggak punya ijazah, 5 pekerjaan ini bisa bikin kamu kaya lo. Menariknya, kelima pekerjaan ini bisa kamu pelajari secara otodidak. Apa saja?

Inibaru.id – Ijazah nggak menjamin kamu dapat pekerjaan layak dengan gaji yang besar. Ya, kebanyakan orang mengaitkan pendidikan dengan besarnya kesempatan untuk meraih kesuksesan. Namun bukan berarti yang nggak punya ijazah pendidikan tinggi nggak punya peluang untuk sukses lo.

Buktinya beberapa pekerjaan di bawah ini lebih memerlukan keterampilan daripada teori dan ijazah lo. Apa saja?

1. Pengembang Website

Ilustrasi pengembang website. (Logique)
Ilustrasi pengembang website. (Logique)

Kini, semua membutuhkan website untuk menunjang pekerjaannya. Karenanya, profesi satu ini bakal terus dicari oleh perusahaan, organisasi, bahkan perorangan lo. Bagian terbaiknya, klien bakal menilai seorang pengembang website dari ketrampilan, bukan ijazah. Keterampilan ini bisa kamu pelajari secara otodidak atau kursus.

2. Desainer Grafis

Ilustrasi desainer grafis. (fotolia)
Ilustrasi desainer grafis. (fotolia)

Seorang desainer grafis butuh kreativitas yang bisa saja didapatkan tanpa pendidikan formal. Selain itu yang harus dikuasai seorang desainer grafis adalah software desain. Kini siapa saja bisa belajar desain grafis dari berbagai media.

3. Penata Rias

Ilustrasi penata risa. (Hqstockphotos)
Ilustrasi penata risa. (Hqstockphotos)

Jika kamu antusias dengan mekap dan dunia kecantikan, bisa jadi profesi penata rias cocok buatmu! Dibanding ijazah, seorang penata rias lebih membutuhkan ketrampilan yang bisa dilatih sendiri. Banyak pihak yang menawarkan penghasilan yang nggak sedikit dari jasa mekap lo. Oh ya, kamu juga bisa membuka usaha sendri seperti rias wisuda atau acara tertentu.

4. Penulis

Ilustrasi penulis. (Stumbleupon)
Ilustrasi penulis. (Stumbleupon)

Buat kamu yang nggak memiliki ijazah, menjadi penulis fiksi mungkin bisa jadi pilihan. Sebab, untuk menulis karya fiksi nggak dibutuhkan ilmu khusus. Untuk menjadi penulis sukses dengan banyak pembaca, kamu perlu banyak membaca karya orang lain juga ya!

5. Koreografer

Ilustrasi koreografer. (Nasionalis Rakyat merdeka)
Ilustrasi koreografer. (Nasionalis Rakyat merdeka)

Seorang koreografer bertugas membuat gerakan, melatih, dan mengarahkan para penari. Meski banyak kampus yang menyediakan jurusan seni tari, buatmu yang nggak berijazah nggak perlu berkecil hati kok. Kebanyakan klien bakal melihat kemampuanmu dalam menciptakan gerakan dan melatih penari.

Meski pekerjaan di atas nggak butuh ijazah, namun pendidikan tetap penting bagimu Millens! Kamu juga bisa bersekolah sambil mempelajari berbagai skill yang nggak kamu dapatkan dari bangku sekolah.

Dari kelimanya, mana yang paling kamu minati, Millens? (IDN/IB27/E05)