5 Olahraga yang Efektif untuk Meredam Depresi

5 Olahraga yang Efektif untuk Meredam Depresi
Berlari merupakan salah satu olahraga yang efektif untuk meredam depresi. (Shutterstock)

Rutinitas yang penuh tekanan berpotensi untuk membuatmu merasa depresi. Ada banyak cara meredamnya, salah satunya dengan berolahraga.

Inibaru.id – Tekanan dan rutinitas sehari-hari bisa saja memicu stres. Kalau dibiarkan berlarut-larut, stres bisa berujung pada depresi. Bila sudah depresi, kegiatan sehari-hari bisa terganggu karena kesehatan mental dan ragamu juga terganggu.

Jangan khawatir, Millens. Ada beberapa cara mengatasinya, misalnya dengan melakukan olahraga berikut ini.

Jalan Santai ke Luar Rumah

Atmosfer di luar rumah dapat menyegarkan pikiranmu. (Thinkstock)

Berjalan kaki ke luar rumah termasuk olahraga yang ringan dan nggak banyak menguras energi. Berjalan ke ruangan terbuka efektif untuk menjernihkan pikiran yang dirundung depresi.

Hal-hal yang kamu temui di luar rumah pun mampu memberikan penyegaran. Suara, bau, dan interaksi dengan orang lain bisa mengurangi depresimu.

Olahraga Berkelompok

Futsal merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan secara berkelompok. (Usyouthfutsal)

Saat depresi, seseorang cenderung menarik diri dari keramaian. Eits, tapi rupanya beraktivitas secara berkelompok seperti olahraga justru baik untuk mengatasi depresi, lo.

Kesempatan bersosialisasi dengan orang lain sembari berolahraga akan terasa lebih menyenangkan, terutama jika dilakukan secara rutin.

Lari

Lari merupakan olahraga yang mudah dan murah. (Shutterstock)

Kepala Kebugaran Anytime Fitness Inggris, Marvin Burton berpendapat bahwa lari bisa menjadi olahraga yang tepat untuk ‘’kabur’’ dari rutinitas harian seperti ditulis Kompas.com, Rabu (27/3/2019).

Yap, lari efektif membuat tubuh lebih bugar sehingga terbebas dari depresi. Lari juga termasuk olahraga yang mudah diakses dan nggak butuh banyak biaya.

Yoga

Yoga dapat menenangkan pikiranmu. (Hellosehat)

Olahraga yang berfokus pada olah pernapasan ini baik untuk kesehatan mentalmu, Millens. Saat kamu menarik napas panjang, rasa cemasmu pun berkurang.

Sociolla.com (4/2/2018) menulis, yoga bisa menjadi alternatif olahraga untuk mengatasi depresi dan masalah kesehatan mental lainnya.

Menari

Zumba merupakan salah satu olahraga dalam jenis tarian. (Getty Images)

Mengikuti kelas tari seperti zumba dan salsa juga bisa kamu lakukan untuk meredam depresi. Menari bisa menjadi sarana berekspresi yang menguatkan koneksi antara tubuh dan pikiran.

Irama musik yang mengiringi pun efektif menambah semangat dalam dirimu. Oh iya, kalau kamu nggak pengin ikut kelas, kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah, kok.

Saat depresi melanda, jangan terlalu lama terpuruk, ya. Yuk, bangkit lagi dan tetap semangat! (IB10/E04)