Wisatawan Asing di Indonesia Paling Banyak Berasal dari 5 Negara Ini

Wisatawan Asing di Indonesia Paling Banyak Berasal dari 5 Negara Ini
Wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia (Merahputih)

Pada 2018 lalu, lebih dari 16 juta wisatawan asing berkunjung ke Indonesia. Negara mana sajakah yang paling banyak mengirim wisatawan ke Tanah Air?

Inibaru.id – Setiap tahun ribuan wisatawan asing membanjiri tempat-tempat wisata di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, kunjungan wisatawan asing ke Indonesia pada Desember 2018 mencapai 1,41 juta orang. Jumlah itu naik 21,43 persen dari pada bulan sebelumnya.

Kompas.com, Rabu (27/3/2019) menulis, jumlah tersebut juga naik 22,54 persen jika dibandingkan dengan data dari Desember 2017. Nggak heran kalau Indonesia berada dalam peringkat ke-10 negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan berdasarkan penelitian yang dilakukan Twitter.

Lebih menarik lagi, Twitter menyebut kebanyakan wisatawan asing yang mengunjungi Tanah Air adalah mereka yang berasal dari kawasan Asia Pasifik. Berikut adalah lima negara terbanyak yang memasok wisatawan asing ke Indonesia.

  1. Sekitar 60 persen wisatawan dari Singapura.
  2. Sekitar 51 persen wisatawan dari Malaysia.
  3. Sekitar 21 persen wisatawan dari Australia.
  4. Sekitar 19 persen wisatawan dari Jepang.
  5. Sekitar 13 persen wisatawan dari Korea Selatan.

Mayoritas wisatawan asing memilih untuk mengunjungi Indonesia untuk mencari pengalaman unik dan mengesankan. Selain itu, mereka menganggap Indonesia kaya akan kekayaan alam laiknya pantai yang indah, air terjun eksotis, dan berbagai lokasi wisata alam lain yang memang tiada duanya di dunia. Wisatawan asing juga mengaku senang berinteraksi dengan masyarakat Indonesia yang dikenal ramah.

Nah, awal 2019 ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan setidaknya ada 5 juta wisatawan asing yang berkujung ke Indonesia. Diharapkan, kunjungan ini bisa menghasilkan devisa sebanyak Rp 87 miliar. Sementara itu, jumlah wisatawan lokal diharapkan naik menjadi 2 juta sehingga bisa membantu negara mendapatkan devisa sebanyak Rp 1,78 triliun.

Semoga jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia semakin meningkat, ya Millens. (IB09/E04)