5 Miras yang Bakal Terdampak RUU Minol, Ada Favoritmu?

5 Miras yang Bakal Terdampak RUU Minol, Ada Favoritmu?
Minuman keras bakal dilarang. (Medcom)

Terkait adanya Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Larangan Minuman Beralkohol (Minol) membuat beberapa minuman keras berpotensi terkena larangan. Apa sajakah?

Inibaru.id - Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Larangan Minuman Beralkohol (Minol) begitu menjadi sorotan. Bukan saja akan memberantas peredaran minuman keras dan sejenisnya di masyarakat, tapi juga ada konsekuensi hukum bagi mereka yang melanggar.

Bab IV tentang Ketentuan Pidana dalam draf RUU Larangan Minol melalui Pasal 18 hingga 21 menyebutkan, produsen hingga penjual minuman beralkohol terancam pidana 10 tahun dan denda Rp1 miliar. Jika itu disahkan, peredaran miras yang beredar di masyarakat ini juga akan terancam.

1. Bir

Meskipun nggak punya alkohol tinggi, tapi bir masuk daftar larangan RUU Minol. (Antara/ Medcom)<br>
Meskipun nggak punya alkohol tinggi, tapi bir masuk daftar larangan RUU Minol. (Antara/ Medcom)

Bir sebetulnya  nggak memiliki kadar alkholol yang tinggi, yakni berkisar 4 hingga 6 persen. Meski demikian, yang mudah ditemui membuat bir menjadi salah satu favorit bagi mereka yang hobi minum-minum. Miras satu ini juga masuk daftar larangan dalam RUU Minol.

2. Vodka

Vodka. (Media Indonesia)<br>
Vodka. (Media Indonesia)

Kalau vodka nggak perlu diragukan lagi. Kadar alkoholnya lumayan, yakni mulai dari 35 hingga 60 persen. Miras yang populer di seluruh belahan dunia ini berasal dari sulingan gandum yang difermentasi dan sangat tenar di negara-negara yang memiliki musim dingin. Karena tergolong minuman yang memabukkan, vodka menjadi salah satu jenis miras yang dibidik pemerintah dalam RUU Minol.

3. Wiski

Wiski menjadi minuman yang mahal. (Medcom)<br>
Wiski menjadi minuman yang mahal. (Medcom)

Wiski nggak jauh beda dengan vodka, memiliki tingkat alkohol mulai dari 40 hingga 50 persen dan termasuk sangat tinggi. Minuman asal Republik Irlandia dan Skotlandia ini sangat populer di Indonesia sebagai salah satu sajian yang bernilai karena harganya yang mahal. Merek-merek wiski seperti Chivas Regal dan Irish Whiskey adalah jenis-jenis yang banyak beredar di Indonesia.

4. Soju

Minuman yang populer dari drama korea ini juga berpotensi dilarang. (MediaIndonesia)<br>
Minuman yang populer dari drama korea ini juga berpotensi dilarang. (MediaIndonesia)

Minuman asal Korea Selatan ini memiliki alkohol sebanyak 20 hingga 40 persen. Bahan utamanya berasal dari beras yang diolah melalui proses fermentasi, maupun bahan lainnya seperti gandum, barley, tapioka, dan ubi. Minuman ini populer di Indonesia karena kerap tampil di dalam drama-drama korea.

5. Tuak dan Ciu

Minuman keras tradisional seperti tuak dan cia juga bakal terkena imbasnya. (JatimTimes)<br>
Minuman keras tradisional seperti tuak dan cia juga bakal terkena imbasnya. (JatimTimes)

Tuak dan ciu adalah miras tradisional yang bisa ditemui dii warung-warung. Untuk ciu, punya kadar alkohol yang beragam, yakni mulai dari 20 persen, 50 persen, hingga 70 persen. Sama seperti ciu, tuak juga menjadi minuman tradisional yang sudah sering jadi sajian-sajian nusantara.

Pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) soal Larangan Minuman Beralkohol belum disepakati oleh seluruh fraksi di DPR. John Kenedy Aziz anggota Fraksi Golkar bahkan berpendapat  hal tersebut berpotensi mematikan UMKM yang memproduksi minuman beralkohol.

Hmm, perkataan John Kenedy Aziz itu tampaknya ada benarnya juga ya, Millens. Menurut kamu gimana? (IB28/E05)