5 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

5 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa
Ilustrasi tidur siang. (Hellosehat)

Ramadan memang waktu yang tepat untuk mendulang pahala. Bahkan, tidur sekalipun konon dapat pahala. Eits, tapi tidur siang saat puasa memang banyak manfaatnya, lo.

Inibaru.id – Bila tubuh lelah, rasa kantuk akan cepat menyergap. Hal ini biasanya dirasakan saat siang hari sehingga banyak orang yang menyempatkan diri untuk tidur siang. Ketika Ramadan, semakin banyak orang yang tidur siang dengan harapan bisa meminimalisasi rasa lapar.

Selain itu, ajaran Islam juga mengajarkan siapa saja yang tidur saat berpuasa bakal mendapat ganjaran. Otomatis, banyak orang yang melakukan kegiatan ini. Eits, selain mendapat pahala dan meminimalisasi rasa lapar, tidur siang rupanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, lo, Millens. Berikut lima manfaat tidur siang.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi jantung. (Dimasbagus.web)

Tidur memang dikenal sebagai cara untuk menjaga kesehatan jantung. Baik tidur malam maupun siang, tidur memberikan waktu bagi jantung untuk beristirahat sejenak. Nggak heran kalau orang yang kurang tidur lebih berisiko terkena penyakit jantung.

Memperkuat Daya Ingat dan Menjaga Fokus

Ilustrasi mengingat. (Tipspengembangandiri)

Tidur siang dapat memengaruhi kemampuan kognitif manusia. Saat tidur, area otak yang berfungsi untuk menyimpan memori akan diaktifkan kembali. Aktivitas saraf yang terjadi saat tidur juga dapat memperkuat kemampuan daya ingat dalam jangka panjang. Dengan daya ingat yang kuat, kamu akan lebih mudah untuk memahami dan mempelajari suatu hal sekaligus mengingatnya.

Meningkatkan Mood

Ilustrasi suasana hati membaik setelah tidur. (Flickr)

Sebuah studi mengatakan tidur dan mood adalah dua hal yang saling berkaitan. Kurang tidur selama berpuasa akan membuat hormon neuroendokrin di tubuh menjadi nggak seimbang. Inilah mengapa seseorang akan lebih mudah marah dan lelah ketika puasa. Tidur siang dapat membantumu mengembalikan sistem tubuh dan hormon euroendokrin menjadi normal, sama seperti saat kamu tidur malam.

Meningkatkan Kesabaran

Ilustrasi sabar. (Republika)

Tidur siang juga membuat seseorang menjadi sosok yang lebih sabar. Dilansir dari laman Liputan6 (17/6/2018), peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, melakukan riset pada beberapa orang terkait hal tersebut.

Dalam penelitian, para peserta diminta untuk mengerjakan tugas yang sangat menyebalkan yaitu menggambar desain geometris pada layar komputer. Hasil penelitian menunjukkan para peserta yang tidur siang mampu bertahan selama 90 detik, sedangkan para peserta yang nggak tidur hanya mampu bertahan selama 45 detik.

Mengisi Kembali Tenaga

Ilustrasi tidur siang. (Hellosehat)

Saat berpuasa, tubuh lebih mudah merasa lelah. Nah, tidur siang dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengisi kembali tenagamu lagi. Sistem motorik yang melemah ketika kelelahan dapat kembali bekerja baik setelah kamu tidur siang.

Namun, tidur siang nggak diperkenankan terlalu lama ya, Millens. Cukup 10-40 menit memejamkan mata supaya tubuhmu kembali segar dan siap kembali beraktivitas. (IB07/E04)