5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan Bila Rajin Menulis Jurnal Pribadi

5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan Bila Rajin Menulis Jurnal Pribadi
Ilustrasi menulis buku harian. (Indopositive)

Meski terlihat remeh dan nggak penting, rajin menulis jurnal pribadi memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk kehidupanmu. Apa saja? Cek yuk!

Inibaru.id – Meski sudah ada alarm dan pengingat, banyak orang yang masih menulis jurnal pribadi secara manual di buku. Selain jadwalmu bisa lebih tertata, kamu juga bisa menuliskan perasaanmu tentang aktviitas yang dilalui setiap hari di jurnal pribadi.

Nggak cuma itu, rajin menulis jurnal pribadi punya manfaat banyak, lo. Berikut di antaranya.

Menyimpan Kenangan

Menulis jurnal pribadi sama seperti menyimpan kenangan, apalagi jurnal yang kamu tulis adalah hal yang menyenangkan. Nanti ketika membacanya kembali, kamu akan merasa memiliki kenangan yang indah atau buruk sekalipun. Kamu juga bisa menyertakan cetakan foto dari kenangan-kenangan yang telah kamu lalui.

Mencegah dan Mengurangi Stres

Jurnal pribadi nggak cuma berfungsi sebagai catatan harian yang berisi perjalanan aktivitasmu saja lo, Millens. Jurnal pribadi juga berfungsi sebagai wadah untuk mencurahkan isi hati dan segala emosi. Selain membuat perasaanmu lebih plong, kamu juga akan lebih sadar dan peduli tentang hal-hal yang akan terjadi di kehidupanmu. Dengan menyadari hal tersebut, tentu kamu akan lebih memahami dirimu dan mengubah hal-hal yang salah dari dirimu. Ini akan membuatmu lebih tenang dan berpikir jernih saat menghadapi masalah.

Introspeksi dan Belajar dari Kesalahan

Kesalahan yang pernah kamu perbuat di masa lalu bisa dijadikan bahan introspeksi di masa depan. Ingat kata pepatah, selalu ada hikmah dan pelajaran di balik setiap masalah termasuk titik burukmu. Nah, jadi, yuk instrospeksi dari segala hal yang telah kamu lalui!

Meningkatkan Kecerdasan

Dengan menulis jurnal pribadi dengan rajin, perlahan-lahan kamu mengasah daya ingat dan membuatmu lebih kritis terhadap segala hal yang terjadi di sekitar. Selain itu, kemampuanmu dalam mengolah kata dan menyampaikan ide akan semakin terlatih bila rajin menulis jurnal. 

Membantumu Meraih Tujuan Hidup

Kamu juga bisa menuliskan tujuan hidupmu di setiap lembar jurnalmu. Menuliskan impian dan tujuan hidup setiap hari akan menambah motivasimu untuk mencapai keinginan itu. Selain itu, hal tersebut juga bisa dijadikan pengingat bahwa ada hal yang harus kamu kejar. Kamu bisa membuat target-target yang ingin dicapai dalam waktu tertentu.

Wah, manfaatnya lumayan juga nih, Millens. Hayo, siapa yang rajin menulis buku jurnal pribadi? (IB07/E04)