5 Makanan yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

5 Makanan yang Aman untuk Penderita Asam Lambung
Pilih makanan yang tepat supaya asam lambung nggak naik. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Beberapa makanan menjadi pantangan bagi penderita maag atau asam lambung. Namun begitu, masih banyak makanan atau minuman yang nggak kalah nikmatnya untuk dikonsumsi lo. Apa saja?

Inibaru.id – Sensasi terbakar dan perih pada perut akibat asam lambung tentu menimbulkan rasa yang nggak nyaman. Maag atau gastritis ini terjadi pada saat peradangan pada lapisan pelindung lambung akibat lemahnya lapisan pelindung lambung tersebut atau bahkan karena bakteri.

Karenanya, penderita maag atau asam lambung perlu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Asam lambung bisa tetap terjaga dengan cara makan dengan porsi kecil namun sering. Selain itu, hindari makanan atau minuman yang dapat memicu iritasi lambung terutama seperti makanan pedas, asam, digoreng, dan berlemak.

Lalu apa saja sih makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung?

1. Apel, Labu, Wortel

Apel baik untuk penderita asam lambung. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Apel baik untuk penderita asam lambung. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Ketiganya merupakan sayur dan buah yang cenderung netral kadar keasamannya sehingga aman dikonsumsi. Makanan yang asam seperti jeruk, tomat dan bawang memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan bikin iritasi. Hindari juga alpukat karena relatif tinggal lama di perut yang bikin sensasi terbakar.

2. Nasi Putih atau Kentang

Pilih nasi putih atau kentang. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Pilih nasi putih atau kentang. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Pilihlah karbohidrat seperti nasi putih dan kentang jika kamu menderita asam lambung. Hindari makanan berbasis gandum utuh seperti roti gandum, jagung, nasi merah, atau pasta. Makanan ini nggak mudah dicerna oleh lambung, Millens!

3. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak paling baik buatmu. (iStockphoto)
Susu rendah lemak paling baik buatmu. (iStockphoto)

Susu dengan lemak yang tinggi dapat menimbulkan sensasi terbakar karena lama tinggal di perut. Hindari pula olahan susu tinggi garam seperti krim dan keju. Konsumsilah susu rendah lemak, keju rendah garam, atau yogurt yang rendah gula serta tambahan probiotik.

4. Telur, Ayam dan Hidangan Laut

Olah telur dengan benar. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Olah telur dengan benar. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Olah telur dengan cara direbus atau diorak-arik ketimbang goreng untuk mengurangi risiko naiknya asam lambung. Tahan diri dulu untuk mengkonsumsi daging merah, Millens! Ganti dengan ayam atau seafood untuk kebutuhan protein hewani.

5. Batasi Gula, Teh, dan Kopi

Batasi konsumsi kopi, teh, dan gula. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Batasi konsumsi kopi, teh, dan gula. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Makanan tinggi gula dan lemak seperti es krim, kue, dan cokelat dapat memicu radang lambung. Sebaiknya ganti pemanis dengan madu. Selain itu, batasi pula konsumsi teh dan kopi jika kamu nggak bisa menoleransinya. Kamu juga nggak bisa mengkonsumsi soda, minuman berenergi, atau jus buah yang asam dan banyak gula.

Nah itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi oleh penderita maag atau asam lambung. Memang nggak mudah, namun hal ini dapat mengurangi risiko kambuhnya lambung. Kamu sudah coba, Millens? (Kom/IB27/E05)