5 Langkah Penting Cegah Infeksi Virus Corona

5 Langkah Penting Cegah Infeksi Virus Corona
Cuci tangan. (Stock.Adobe)

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa ada 2 WNI yang terinveksi corona pada Senin (2/3/2020) lalu. Eits nggak perlu panik! Begini langkah-langkah penting yang bisa kamu lakukan untuk mencegah  infeksi virus corona.

Inibaru.id - Perlu kamu tahu, penyebaran virus corona ini bisa melalui beragam media, Millens!  Penyebaran ini bisa menlalui batuk dan bersin. Selain itu, penyebaran virus ini juga bisa melalui benda di tempat umum seperti pegangan tangan, pegangan tombol lift dan lain-lain.

Meski banyak pemberitaan tentang virus ini, tapi kamu nggak pelu panik, Millens! Nah, untuk mencegah infeksi virus corona, berikut 5 hal yang harus kamu perhatikan.

Cuci Tangan

Cuci Tangan. (cdn3.tstatic)
Cuci Tangan. (cdn3.tstatic)

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk terhindar dari virus corona adalah dengan cuci tangan. Cucilah tanganmu sebelum dan setelah makan dansetelah bepergian ke tempat umum. Cucilah tangan dengan benar dan menyeluruh menggunakan sabun selama kurang lebih 20 detik ya, Millens.

Jangan Sentuh Wajah

Jangan sentuh wajah. (Shutterstock)
Jangan sentuh wajah. (Shutterstock)

Sebelum mencuci tangan, jangan pernah mencoba untuk memegang wajah sendiri maupun orang lain, ya. Kalaupun terpaksa, pastikan tanganmu sudah tercuci dengan bersih menggunakan sabun selama 20 detik .

Buang Masker Jika Sudah Kotor

Buang Masker. (iStockphoto)
Buang Masker. (iStockphoto)

Jika kamu pengguna masker sekali pakai, jangan lupa untuk membuangnya jika sudah kotor ya. Sebab, bakteri dapat berkembang biak di bagian dalam masker jika dipergunakan dalam waktu yang lama. Idealnya masker sekali pakai digunakan 3-4 jam saja. Jangan pula sering memegang bagian luar masker, sebab bisa saja terdapat virus dari orang lain.

Gunakan Barang Pribadi

Gunakan barang pribadi. (stock.adobe)
Gunakan barang pribadi. (stock.adobe)

Penggunaan barang-barang pribadi bakal menghindarkanmu dari berbagai penyakit. Berbagai barang yang nggak seharusnya digunakan bergantian dengan orang lian contohnya adalah alat makan dan handuk.

Gunakan Siku

Gunakan siku untuk membuka pintu. (emc.id)
Gunakan siku untuk membuka pintu. (emc.id)

Berbagai virus dapat menyebar melalui benda di tempat umum seperti tombol lift dan pegangan pintu. Untuk menghindari hal ini, gunakanlah siku atau bahumu saat membuka pintu jika kondisi memungkinkan. Bagian tubuh ini sukar menyentuh bagian wajah sehingga mencegah penularan virus.

Mudah banget kan, Millens? Yuk terapkan beberapa hal ini untuk melindungi diri! (IB24/E06)