5 Langkah Mudah Merawat Rambut Bagi Hijaber

5 Langkah Mudah Merawat Rambut Bagi Hijaber
Seorang hijaber. (Shutterstock)

Memakai hijab nggak jadi halangan untuk memiliki rambut yang sehat dan terawat. Nggak perlu perawatan yang rumit, menjaga kesehatan rambut bisa dilakukan dengan beberapa cara simpel.

Inibaru.id – Rambut sering dikatakan sebagai mahkota kaum perempuan. Hal itu juga berlaku bagi para hijaber. Meski tertutup hijab, rambut perlu diberi perhatian ekstra agar kesehatannya tetap terjaga.

Nggak perlu susah-susah, lima hal ini bisa kamu terapkan agar rambutmu tetap terawat indah di balik hijabmu.

Gunakan Produk Perawatan yang Tepat

Pilihlah produk perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi rambutmu. (Shampookuda)

Jangan sembarangan memilih produk perawatan rambut, Millens. Pastikan produk-produk yang kamu gunakan benar-benar sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala. Oh iya, pastikan pula produk yang kamu gunakan sesuai dengan masalah rambutmu misalnya rambut bercabang, mudah rontok dan patah, atau berketombe. Setiap masalah rambut perlu diselesaikan dengan cara tertentu.

Sisir Rambut Sebelum Keramas

Ilustrasi menyisir rambut. (Getty Images)

Menyisir rambut sebelum keramas dapat mencegah rambut kusut karena sering diikat saat memakai hijab. Lebih baik gunakan sisir bergigi jarang agar setiap helai rambut dapat terpisahkan dengan maksimal. Menyisir rambut sebelum keramas juga dapat membuat rambut lebih mudah diatur setelahnya.

Keringkan Rambut Sebelum Memakai Hijab

Pastikan rambut benar-benar kering sebelum memakai hijab. (my-best)

Jangan langsung memakai hijab saat kondisi rambutmu masih basah. Rambut yang masih lembap dapat menimbulkan bau nggak sedap dan membuat rambut lepek. Sering memakai hijab saat rambut basah dapat menimbulkan berketombe, lo. Pastikan rambutmu sudah benar-benar kering sebelum memakai hijab, ya.

Ubah Model Ikatan Rambut

Ilustrasi hijab cepol. (review.bukalapak)

Mengikat rambut dengan model yang sama terus menerus dapat meninggalkan bekas pada rambut. Untuk mencegahnya, ubahlah model ikatan rambutmu secara berkala. Nggak harus terus diikat, kamu juga bisa mengepang atau membuat cepol rambut seperti ditulis laman Popbela (26/2/2019).

Istirahatkan Rambut Saat Nggak Berhijab

Istirahatkan rambut saat sedang nggak pakai hijab. (Instagram/Sonyasams)

Saat di rumah adalah waktunya rambutmu beristirahat dengan lega. Gerailah rambut agar rambut dan kulit kepalamu merasa lebih rileks.

Bagaimana, mudah kan merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau? Memakai hijab nggak jadi halangan untuk memiliki rambut sehat dan terawat, kok. Semangat merawat rambut, Millens. (IB10/E04)