5 Kunci Hubungan Awet dan Tenteram

5 Kunci Hubungan Awet dan Tenteram
Sering meetup dengan pasangan merupakan kunci keharmonisan. (instagram.com/glennalinskie)

Siapa sih pasangan yang nggak pengen hubungannya langgeng? Mau tahu tips membuat hubunganmu awet dan damai? Yuk simak tipsnya!

Inibaru.id – Banyak pasangan mencari cara khusus agar hubungan asmaranya berjalan lancar. Memang sih akan selalu ada yang namanya pertengkaran. Tapi seenggaknya kamu butuh cara khusus untuk mencegahnya agar nggak semakin besar.

Kunci dari keharmonisan sebuah hubungan nggak hanya tentang kesetiaan saja loh. Beberapa aspek juga perlu kamu prioritaskan. Berikut adalah kunci dari awet dan damainya sebuah hubungan.

1. Saling Toleransi

Sebuah hubungan yang banyak drama dan air mata biasanya terjadi karena kamu dan dia nggak bisa toleransi. Meski awalnya hubunganmu baik-baik saja, namun cepat atau lambat kamu pasti akan menyadari sebuah kekurangan dari hubunganmu.

Jangan mempermasalahkan hal yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan diskusi baik-baik. Toleransi sangat penting dalam sebuah hubungan.

2. Bisa Menerima Kekurangan Pasangan

Setelah kamu dan pasanganmu bisa saling bertoleransi, selanjutnya kalian nggak boleh saling mengeluhkan kekurangan masing-masing. Karena jika hal itu terjadi, perckan-percikan kecil bakal menimbulkan perdebatan.

Agar bisa melakukan kedua hal ini, kalian harus saling introspeksi akan kekurangan masing-masing dan bertekad menerima kekurangan itu. Karena kekurangan adalah sebuah risiko yang harus kalian tanggung bersama.

3. Saling Melengkapi

Tanpa paksaan kamu dan pasangan harus bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing. Mungkin memang dibutuhkan kematangan emosional yang tinggi, tapi jika sudah dimulai semua nggak bakal sulit kok. Karena dengan saling melengkapi nanti akan terjadi sebuah keterikatan yang semakin erat.

4. Mau Memahami Tanpa Menghakimi

Pasangan yang bisa bertahuan hingga tahun-tahun lamanya adalah mereka yang saling memahami. Nggak gampang lo memahami tanpa menghakimi. Dibutuhkan kesabaran yang besar dan rasa cinta yang tulus untuk melawan perdebatan batin akibat sifat egois pasangan.

5. Rela Melakukan Segalanya dengan Ikhlas

Harus ada hati yang ikhlas saat memaafkan kesalahan, membantu, dan berkorban demi pasangan. hubungan yang damai itu memiliki ketenangan hati yang bebas dari dendam. Jadi jangan pernah berharap apa yang kamu lakukan bakal dibalas dengan takaran yang sama. Sebab setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengutarakan perasaannya.

Sebuah hubungan sangat dibutuhkan kematangan emosional dan kesiapan mental. Melalui hal sederhana bakal membuat hubungan menjadi harmonis. (IB30/E05)