Lima Kesalahan dalam Merawat Wajah Ini Mungkin Nggak Kamu Sadari

Kesehatan kulit wajah memang penting untuk dirawat. Namun, tanpa disadari ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan saat merawat wajah.

Lima Kesalahan dalam Merawat Wajah Ini Mungkin Nggak Kamu Sadari
Merawat kulit wajah penting untuk kesehatan kulit jangka panjang. (iStockphotos)

Inibaru.id – Kulit, khususnya kulit wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang harus dirawat secara maksimal. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah, mulai dari yang alami hingga dengan bantuan ahli estetika. Berbagai treatment pun dijalani untuk mendapat kulit wajah yang sehat.

Tapi tahu nggak sih, ada beberapa hal yang biasa dilakukan saat merawat wajah namun ternyata kurang tepat, Millens. Melansir laman Kompas (12/9/2018) berikut lima kesalahan yang sering dilakukan banyak orang saat merawat wajah.

Melewatkan Hal Mendasar

Ilustrasi memakai krim wajah. (Shutterstock)

Beberapa hal dasar seperti pelembab wajah dan tabir surya penting untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Begitu juga dengan durasi tidur selama 7-8 jam agar kulit lebih segar saat bangun di pagi hari. Sayang, masih banyak yang abai dengan hal itu.

Tidak Melakukan Facial Secara Rutin

Ilustrasi facial wajah. (Salusbeautymanly)

Kamu nggak terbiasa dengan facial? Hm, mungkin mulai saat ini kamu harus mempertimbangkannya, Millens. Facial dapat memberi banyak manfaat jangka panjang sesuai dengan kebutuhan wajah masing-masing.

Kamu bisa melakukannya setiap satu bulan sekali atau tiga bulan sekali. Oh iya, akan lebih baik jika kamu berkonsultasi dulu dengan dokter yang ada di klinik pilihanmu agar mendapat perawatan yang tepat.

Menggunakan Tisu Pembersih Wajah

Ilustrasi menggunakan tisu pembersih wajah. (Grid.id)

Ada beberapa alternatif alat yang bisa digunakan dalam membersihkan wajah, mulai dari milk cleanser, micellar water, hingga tisu pembersih wajah. Di antara ketiganya, tisu pembersih memang yang paling simpel. Meski begitu, ternyata tisu pembersih ini mengandung lebih banyak alkohol yang bisa merusak pelindung alami kulit.

Terlalu Sering Menggunakan Masker Wajah

Ilustrasi memakai masker wajah. (Thinkstockphotos)

Masker wajah cenderung efektif sebagai salah satu produk perawatan kulit. Namun, kamu nggak boleh terlalu sering memakainya agar nggak merusak kesehatan kulit.

Kalau tipe kulitmu berminyak, lebih baik memakai masker setiap 7 hingga 10 hari sekali. Untuk pemilik kulit kering, bisa melakukannya setiap satu hingga dua kali dalam seminggu. Sementara si pemilik kulit kombinasi lebih baik maskeran setiap satu minggu sekali. Oh iya, pastikan masker yang kamu gunakan sesuai dengan tipe kulitmu ya!

Saran dari Orang yang Salah

Ilustrasi beauty vlogger. (Slalu)

Kini sudah banyak beauty vlogger dan influencer yang memberikan cara atau tips merawat kulit. Kamu juga leluasa untuk menonton semua saran dari mereka di Youtube. Namun, nggak semua tips dari mereka bisa dipercaya dan diikuti. Kondisi kulit setiap orang pasti berbeda-beda. Bisa saja kondisi wajahmu nggak sama dengan beauty vlogger dan influencer yang kamu ikuti sehingga saran-saran itu nggak tepat diterapkan pada kulitmu.

Merawat kulit memang perlu dilakukan agar kulit tetap sehat dan terjaga hingga usia lanjut. Eits, tapi lakukanlah dengan benar sesuai kebutuhan kulitmu. Oke? (IB10/E04)