Sedang Menurunkan Berat Badan? Hindari 5 Kesalahan Berikut!

Sedang Menurunkan Berat Badan? Hindari 5 Kesalahan Berikut!
Ilustrasi makanan untuk diet. (Puhimec)

Usahamu sudah maksimal tapi berat badan nggak berkurang secara optimal? Bisa saja kamu nggak sadar melakukan kesalahan-kesalahan berikut.

Inibaru.id – Sobat Millens merasa sudah berupaya menurunkan berat badan secara maksimal tapi hasilnya nggak sebanding? Bisa jadi selama menurunkan berat badan, ada sejumlah kesalahan yang kamu lakukan tanpa disadari.

Kesalahan-kesalahan berikut sering dilakukan mereka yang berusaha diet. Yuk, simak ulasannya!

Membatasi Makanan Tertentu

Konsumsi semua kelompok makanan dalam porsi yang cukup agar berat badan turun lebih optimal. (Adrian825)

Membatasi makanan tertentu merupakan hal paling wajar yang dilakukan saat berusaha menurunkan berat badan. Makanan yang paling banyak dihindari adalah gula dan lemak.

Namun, upaya penurunan berat badan akan lebih efektif jika kamu mengonsumsi semua kelompok makanan dalam porsi yang cukup seperti ditulis Medcom.id, Selasa (26/3/2019).

Nggak masalah kok mengonsumsi lemak dan gula, asal dalam porsi yang cukup. Jangan lupa imbangi dengan makanan sehat. 

Kurang Berolahraga

Olahraga dapat membakar kalori lebih banyak. (Healthyshakeoutlet)

Menurunkan berat badan nggak akan berlangsung efektif kalau kamu kurang berolahraga. Saat berolahraga, tubuhmu akan membakar kalori lebih banyak. Semakin banyak kalori yang terbakar, berat badanmu akan berkurang lebih banyak pula.

Tidak Mengurangi Minuman Beralkohol

Ilustrasi minuman beralkohol. (Okezone)

Minuman beralkohol nggak mengandung nutrisi apapun untuk tubuh. Justru sebaliknya, minuman beralkohol yang sarat akan gula bakal diubah menjadi lemak. Jadi, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan sama saja dengan menimbun lemak dalam tubuhmu, Millens.

Tidak Makan Sama Sekali

Hindari tidak makan sama sekali demi menurunkan berat badan. (Gymjunkies)

Banyak yang berpendapat jika nggak makan sama sekali akan membuat berat badan turun. Namun, anggapan itu nggak sepenuhnya benar, lo.

Popbela.com (10/2/2019) menulis, saat kamu nggak makan, tubuh akan kelaparan dan bereaksi dengan memproduksi enzim lemak untuk membuat tubuh tetap merasa kenyang. Hal itu berakibat pada sulitnya proses pembakaran lemak.

Tidak Berkonsultasi dengan Spesialis

Konsultasi dengan spesialis dapat membantumu menurunkan berat badan lebih optimal. (Alodokter)

Spesialis seperti ahli gizi dapat membantumu menyusun rencana menurunkan berat badan sesuai dengan kondisi fisiologismu. Memang sih kamu harus mengeluarkan bujet lebih, tapi nggak ada salahnya kan demi mendapatkan berat badan idaman?

Kalau kamu melakukan salah satu di antara beberapa kesalahan tersebut, itu tandanya dietmu perlu diperbaiki, Millens. Semangat menurunkan berat badan, ya! (IB10/E04)