5 Kegiatan Zero Waste yang Bisa Kamu Lakukan selama Isolasi Diri

5 Kegiatan Zero Waste yang Bisa Kamu Lakukan selama Isolasi Diri
Peralatan yang bisa digunakan berkali-kali untuk mengurangi sampah. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Mengisolasi diri bukan berarti nggak bisa berkontribusi pada lingkungan. Selagi kamu di rumah saja, Afida Zahara Adzkiya punya kiat sederhana untuk tetap mencintai  lingkungan. Apa saja ya?

Inibaru.id - Afida Zahara Adzkiya, pegiat zero waste sekaligus inisiator komunitas Seangle Semarang dan BACK-IND mau bagi-bagi tips nih. Buat kamu yang bosan di rumah saja, ada 5 kegiatan zero waste yang bisa kamu lakukan selama isolasi diri. 

1. Perkaya Wawasan tentang Zero Waste dan Sustainability

Fida, panggilan akrabnya, punya saran buat kaum rebahan yang suka main gawai dan nonton film kayak kamu nih Millens.

"Biar lebih bermanfaat kuotanya, kamu bisa nonton beberapa film bertema lingkungan," tuturnya dalam keterangan tertulis melalui aplikasi pesan singkat singkat (10/3).

Film yang dimaksud terdiri atas The Lorax, Wall-E, A Plastic Ocean, Dark Waters, Chasing Coral dan masih banyak lagi. Selain itu Fida juga menyarankan kamu buat baca-baca tips ber-zero waste di goingzerowaste.com dan zerowaste.id.

2. Ciptakan atau Buat Sesuatu!

Setelah kamu puas rebahan dan nonton film, cobalah buat sesuatu yang baru. Kamu bisa coba kreasikan barang-barang di rumah supaya dapat dimanfaatkan kembali.

Kalau kamu punya pakaian bekas atau pakaian yang sudah lama dianggurin, mending dibikin jadi sesuatu yang baru! Contohnya bisa buat shopping bag, cutlery pouch, produce bag, hingga reusable face cleanser pad.

Bikin alat-alat dari kayu yang ramah lingkungan juga bisa lo. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Bikin alat-alat dari kayu yang ramah lingkungan juga bisa lo. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

"Tutorialnya ada banyak banget di Youtube, tinggal pilih deh," tambahnya.

Oh iya, jangan lupa ajak keluarga juga supaya makin kompak jadi zero waste orang serumah. He.

3. Menciptakan Tempat Sampah Terpisah Sederhana

Supaya kamu bisa mengurangi penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sebaiknya mulai pilah sampahmu di rumah ya. Kamu bisa menyiapkan wadah untuk dijadikan tempat sampah.

Alangkah baiknya tempat sampah dibagi menjadi kategori organik, daur ulang campuran, plastik, kertas dan kardus, sampah B3, residu, dan lain-lain yang terpaksa dibuang ke TPA. Kalau sampah daur ulang biasanya seperti kaca atau alumunium yang laku di pengepul.

"Sampah residu seperti plastik saset, plastik laminasi (produk refill), selotip, styrofoam bisa dibuat menjadi ecobrick," tambahnya lagi.

4. Coba Buat Produk Zero Waste-mu Sendiri!

Bikin produk zero waste bisa menjaga lingkungan sekaligus nambah penghasilan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Bikin produk zero waste bisa menjaga lingkungan sekaligus nambah penghasilan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Kamu bisa buat beberapa produk yang zero waste di rumah lo. Contohnya kamu bisa buat sabun, sampo, perawatan kulit, dan cairan antijamur pada perabot dengan bahan-bahan alami. Kamu bisa buat perawatan kulit pakai kopi, ampas teh, maupun lidah buaya.

5. Ciptakan Kebun Sayur Mini

Nah supaya kamu makin betah di rumah, cobalah buat kebun sayur mini. Selain bisa menambah kegiatan produktif, lumayan juga kan bisa hemat? He

Kamu bisa regrow sayuran-sayuran di dapurmu seperti daun bawang, kubis, selada, wortel, sereh, sawi, pakchoi dengan menempatkannya pada wadah bekas botol plastik.

Kalau kamu mau menanam daun bawang caranya potong ujung daun setelah digunakan sekitar 2 cm. Letakkan di suatu tempat yang memungkinkan daun bawang untuk berdiri. Isi dengan air dan ganti air setiap hari.

"Hasilnya bisa dilihat dalam seminggu. Saat akan digunakan potong dengan gunting dan biarkan tumbuh lagi," tambahnya lagi.

Gampang banget ya Millens? Yuk dicoba supaya masa isolasi diri kamu semakin bermanfaat! (Julia Dewi Krismayani/E05)