5 Kampus di Semarang yang Nggak Jauh dari Unnes

5 Kampus di Semarang yang Nggak Jauh dari Unnes
Unika. (Jateng IDN Times)

Universitas Negeri Semarang (Unnes) dikenal sebagai kampus yang cukup merakyat. Selain dekat dengan pusat Kota Semarang, living cost di sekitar Unnes juga nggak terlalu mahal. Buat kamu yang pengin kuliah di sekitar Unnes, beberapa kampus swasta ini bisa kamu coba.

Inibaru.id - Universitas Negeri Semarang (Unnes) merupakan salah satu kampus negeri ternama di Semarang yang banyak diincar oleh calon mahasiswa baru. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat udara di sekitar kampus yang tak jauh dari pusat kota ini pun sejuk. Yang paling menyenangkan, biaya hidup (living cost) di wilayah sekitar Unnes juga nggak terlalu mahal.

Nah, buatmu yang pengin kuliah di sekitar Unnes, berikut empat Universitas swasta yang bisa kamu pilih!

Universitas IKIP Veteran

Universitas IVET. (Facebook/ IVETSemarang)
Universitas IVET. (Facebook/ IVETSemarang)

Universitas  IKIP Veteran merupakan gabungan antara IKIP Veteran Jawa Tengah dan Akademi Teknik Perkapalan Semarang. Berada di jalan Pawiyatan Luhur I, Semarang, Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur, Universitas IVET punya 4 fakultas. Keempatnya yaitu Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Fakultas Sains dan Teknologi,  Fakultas Kemaritiman, serta Fakultas Kesehatan.

Universitas IVET punya lingkungan yang sejuk serta jauh dari kebisingan. Meski begitu, akses ke kampus ini mudah banget karena adanya jalur BRT yang nggak jauh dari kampus. Jaraknya pun cuma 5 KM dari Unnes, Millens!

Universitas Tujuh Belas Agustus

Untag. (Istimewa)
Untag. (Istimewa)

Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) memiliki enam fakultas yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Teknologi Pertanian, serta Fakultas Bahasa dan Budaya. Kampusnya pun tersebar di beberapa lokasi strategis di Kota Semarang.

Salah satu kampusnya yang berada di Jl Pawiyatan Luhur no I ini bisa ditempuh dalam waktu 10 menit dari Unnes. Oh ya, kampus yang berdiri pada 1963 ini termasuk ke dalam deretan kampus lawas di Kota Semarang yang nggak perlu kamu ragukan lagi kredibilitasnya!

Politeknik Maritim Negeri Indonesia

PoliMARIN Semarang. (Seputar Semarang)
PoliMARIN Semarang. (Seputar Semarang)

Politeknik Maritim Negeri Indonesia (PoliMARIN) merupakan hasil transformasi Badan Pengembangan dan Layanan Pendidikan Tinggi yang fokus dalam bidang pendidikan kemaritiman . PoliMARIN berada di Jl. Pawiyatan Luhur I, Semarang.  Dekat dengan Untag, jarak yang harus kamu tempuh dari Unnes ke PoliMARIN hanya 5,3 kilometer.

PoliMARIN hanya memiliki tiga jurusan, yakni Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, Nautika, dan Teknika. Kampus ini juga punya fasilitas berupa asrama mahasiswa juga lo. Selain itu, masjid kampus yang berbentuk kapal punya kapasitas untuk menampung seribuan jemaat serta digunakan sebagai ruang simulator kapal. Serasa berada di pesiar beneran deh!

Universitas Katolik Soegijapranata

Unika. (IDNTimes)
Unika. (IDNTimes)

Universitas Katolik Soegijapranata merupakan sebuah perguruan tinggi swasta pertama di Jawa. Berlokasi di Jalan Pawiyatan Luhur Selatan IV No.1, Semarang, Unika dikenal sebagai kampus swasta terbaik di Semarang lo, Millens. Jarak yang harus kamu tempuh dari Unnes ke Unika hanya 6,2 kilometer.

Di kampus ini mahasiswa bisa menempuh pendidikan diploma hingga master. Beberapa fakultas di Unika yang bisa kamu pilih adalah Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas selanjutnya yakni Fakultas Hukum dan Komunikasi, Sedangkan Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ilmu Komputer, serta Fakultas Psikologi. Berbagai forum ilmiah yang rutin digelar di Unika bikin kampus satu ini punya iklim akademik yang asik banget!

Dari kelimanya, mana yang jadi incaranmu saat penerimaan mahasiswa baru, Millens? (IB24/E06)