5 Jenis Tanaman Tahan Panas, Cocok Ditempatkan di Luar Rumah!

5 Jenis Tanaman Tahan Panas, Cocok Ditempatkan di Luar Rumah!
Tanaman tahan panas. (Flickr/Marco Verch Professional Photographer)

Kalau kamu kesal tanaman hias yang selama ini dirawat mati karena panasnya sinar matahari, coba deh kamu menanam tanaman tahan panas berikut ini. Perawatannya mudah, kok.

Inibaru.id – Demam tanaman hias kini melanda banyak orang di Indonesia. Nggak hanya bisa membuat tampilan rumah jadi cantik, ada yang menyebut tanaman hias bisa membuat kualitas udara jadi lebih baik. Hanya, terkadang tanaman hias mudah mati karena kepanasan terpapar sinar matahari terus-menerus. Sebenarnya, ada nggak sih tanaman tahan panas yang bisa kita tanam di luar rumah?

Sinar matahari di Indonesia memang dikenal sangat menyengat. Hanya, bukan berarti kita nggak bisa menanam tanaman hias di luar ruangan. Ada kok tanaman tahan panas yang bisa kita tanam. Berikut adalah tanaman-tanaman tersebut.

1.       Kaktus

Kaktus dikenal luas sebagai tanaman yang mampu bertahan dari sengatan sinar matahari. Bagaimana nggak, di gurun-gurun yang ada di Benua Amerika misalnya, kaktus bisa bertahan hidup dan bahkan tumbuh subur. Padahal, di sana sangat sulit menemukan air. Suhu udara akibat panas sinar matahari juga sangat tinggi.

Kaktus. (Flickr/Ivan Radic)
Kaktus. (Flickr/Ivan Radic)

Kaktus memiliki kemampuan unik dalam menyimpan cadangan air. Batang tumbuhan ini memiliki lapisan lilin yang membuat air di dalam tubuhnya nggak mudah menguap meski suhu udara sangat menyengat.

Kalau kamu mau menempatkan kaktus di luar ruangan, nggak perlu khawatir bakal mati kepanasan. Kamu bahkan bisa menyiramnya dua kali sebulan saja, lo.

2.       Bougenville

Bougenville. (Flickr/

jchatoff)
Bougenville. (Flickr/ jchatoff)

Bougenville adalah salah satu jenis bunga dengan variasi warna yang sangat indah. Nggak hanya merah muda, ungu, dan kuning, kamu juga bisa menemukan bougenville dengan warna jingga.

Bunga ini dikenal sangat mudah perawatannya. Asalkan ada tempat untuk merambat seperti di pagar atau dinding, bunga ini bisa tumbuh dengan subur. Hanya, beda dengan kaktus yang nggak perlu banyak air, kamu tetap harus rajin menyiraminya, apalagi jika suhu udara selalu panas.

3.       Bunga Kamboja

Bunga Kamboja. (Flickr/

istina D.C. Hoeppner)
Bunga Kamboja. (Flickr/ istina D.C. Hoeppner)

Identik sebagai bunga kuburan, sebenarnya bunga kamboja sangatlah indah. Bagaimana nggak, kalau sampai mekar, bunga dengan warna seperti putih, kuning, atau bahkan merah ini bisa memanjakan mata siapa saja. Selain mudah untuk dirawat, tanaman ini juga tahan panas, lo!

4.       Palem Hias

Tanaman palem hias. (Flickr/

Forest and Kim Starr)
Tanaman palem hias. (Flickr/ Forest and Kim Starr)

Bedakan antara palem hias dengan palem yang tinggi besar dan bisa ditemukan di pinggir jalan, ya? Realitanya, ada kok palem hias dengan ukuran yang lebih kecil dan bisa ditempatkan di dalam pot. Nah, tanaman ini ternyata juga bisa kamu tempatkan di luar rumah. Hanya, pastikan bahwa tanaman ini selalu rajin disirami dengan air, ya?

5.       Lidah Mertua

Lidah mertua. (Flickr/

Carol VanHook)
Lidah mertua. (Flickr/ Carol VanHook)

Salah satu tanaman hias yang namanya naik daun di masa pandemi ini dikenal tahan banting. Nggak hanya tahan udara panas, lidah mertua alias sansevieria in juga tahan udara dingin. Kelebihan lain tanaman ini adalah menyerap udara kotor dan polusi.

Kalau kamu menempatkannya di sekitar rumah, udara di rumahmu pasti jadi lebih segar, deh Millens.

Dari semua yang disebutkan di atas, tanaman tahan panas mana yang ingin kamu tanam, Millens? (Pop/IB09/E05)