5 Jenis Pohon Pisang Hias yang Bisa Bikin Rumah Terasa Lebih Adem

5 Jenis Pohon Pisang Hias yang Bisa Bikin Rumah Terasa Lebih Adem
Pohon pisang hias. (Flickr/Jnzl's Photos)

Pohon pisang hias bisa dijadikan pilihan buat kamu yang ingin menjadikan rumah jadi lebih adem dan cantik. Apa saja ya pohon pisang hias yang bisa kamu tanam?

Inibaru.id – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah terasa lebih adem. Salah satunya adalah dengan meletakkan tanaman hias di dalam maupun luar rumah. Nah, untuk kita yang tinggal di daerah tropis, pohon pisang hias bisa jadi pilihan yang cocok, lo!

Beberapa jenis pohon pisang bisa berbatang tinggi besar dengan daun yang lebar. Selain untuk dikonsumsi buahnya, pohon-pohon ini juga cocok ditanam di sekitar rumah sebagai naungan, misalnya pohon pisang ambon yang buahnya cantik atau pisang kipas yang berbentuk seperti kipas raksasa.

Berbeda dengan pohon pisang untuk outdoor biasanya bisa dikonsumsi buahnya, pisang hias dalam ruangan yang memiliki ukuran lebih kecil biasanya nggak punya buah atau buahnya nggak bisa diikonsumsi.

Dari segi ukuran, pohon pisang hias memang terlihat jauh lebih kecil sehingga biasa ditanam dengan media pot. Nah, berikut ini adalah sejumlah pohon pisang hias yang bisa bikin rumah terasa lebih adem, Millens.

1. Pohon Pisang Hias Calathea Lutea

Calathea lutea. (Lazada)
Calathea lutea. (Lazada)

Pohon pisang hias Calathea Lutea cukup sering ditemukan sebagai tanaman hias yang ada di luar rumah. Bentuk dari jenis pisang hias ini sangatlah cantik dan ramping. Daunnya berwarna hijau pekat. Nah, kalau soal ukuran, Calathea Lutea ternyata cukup bervariasi, lo.

Bahkan, kini ada juga yang menjadikan Calathea Lutea jadi tanaman indoor. Meski begitu, perawatannya jelas bakal lebih besar jika dibandingkan dengan Calathea Lutea yang jadi tanaman luar rumah.

2. Pohon Pisang Hias Heliconia

Pohon pisang hias heliconia. (Flickr/

Jnzl's Photos)
Pohon pisang hias heliconia. (Flickr/ Jnzl's Photos)

Nah, jenis pohon pisang hias berikutnya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Heliconia. Yang menarik dari jenis pohon pisang hias ini adalah warna bunganya yang merupakan kombinasi merah dan kuning yang sangat cantik.

Banyak orang yang salah mengira bunga-bunga ini sebagai buah pisang karena posisinya yang menggantung di antara dedaunan.

Meski nggak besar, Heloconia bisa bertambah ukuran hingga sangat tinggi. Ada yang menjadikannya tanaman interior, namun Heloconia sebenarnya lebih cocok jadi tanaman luar ruangan.

3. Pisang Kipas

Pohon pisang kipas. (Flickr/

Dinesh Valke)
Pohon pisang kipas. (Flickr/ Dinesh Valke)

Menilik namanya, kamu pasti sudah bisa membayangkan seperti apa bentuk pohon pisang hias ini. Ukurannya cukup besar sehingga sangat membutuhkan ruang. Namun, kamu tetap bisa menanamnya di pot kok dan lebih baik meletakkannya di luar ruangan.

4. Pisang Kana

Pisang kana. (Flickr/

cultivar413)
Pisang kana. (Flickr/ cultivar413)

Kelebihan utama dari pohon pisang hias berjenis Kana ini adalah ukuran daunnya yang kecil. Warna daunnya juga sangat unik, yakni kombinasi dari hijau serta kuning kecoklatan. Pohon pisang hias ini bisa kamu tanam di pot.

Karena ukurannya kecil, kamu pun bisa menanamnya di dalam atau di luar ruangan. Pokoknya, suasana rumah bakal bisa jadi tambah asri, deh.

5. Blood Banana

Pisang hias blood banana. (Tokopedia/Bogor home floris)
Pisang hias blood banana. (Tokopedia/Bogor home floris)

Wih, kalau diartikan, pohon pisang hias ini namanya adalah pisang darah! Ngeri juga, ya? Meski begitu, pohon pisang hias ini nggak bikin seram, melainkan justru membuat suasana rumah lebih cantik dan adem. Tanaman ini juga bisa ditempatkan di pot, lo. Jadi simpel, deh.

Omong-omong, dari semua jenis pohon pisang hias ini, kamu paling suka yang mana, Millens? (99/IB09/E03)