Dari Eau Fraiche hingga Eau de Perfum, Ini Jenis Parfum yang Perlu Kamu Tahu

Sebelum membeli parfum, ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis parfum berikut. Selain mengetahui kekurangan dan kelebihannya, kamu juga bisa tepat memilih parfum sesuai dengan kebutuhan.

Dari <em>Eau Fraiche</em> hingga <em>Eau de Perfum</em>, Ini Jenis Parfum yang Perlu Kamu Tahu
Ilustrasi jenis-jenis parfum. (Chef de Cabine)

Inibaru.id – Supaya beraroma wangi dan lebih percaya diri, seseorang akan menyemprotkan parfum ke tubuhnya. Meski sama-sama menimbulkan aroma wangi, setiap parfum punya ketahanan aroma yang berbeda-beda. Hal ini lantas dipakai sebagai indikator penggolongan jenis parfum.

Selama ini, ada lima jenis parfum berdasarkan ketahanan dan kekuatan aromanya. Kelima jenis parfum itu juga bisa dibedakan menurut campuran air dan alkohol pada setiap parfum.

Berikut lima jenis parfum berdasarkan klasifikasi tersebut.

Eau Fraiche


Eau Fraiche. (Escentric)

Jenis parfum eau fraiche adalah yang paling ringan di antara semua parfum. Jenis ini hanya mengandung 1 hingga 3 persen parfume oil. Karena sedikit, wangi eau fraiche biasanya hanya bertahan kurang dari satu jam. Namun, hal ini bisa diakali dengan beberapa trik, misalnya dengan menyemprotkannya langsung ke tubuh, bukan ke pakaian.

Eau de Cologne

Eau de Cologne. (Tokopedia.com)

Jenis parfum ini bersifat universal dengan aroma yang ringan, segar dan fruity. Kandungan parfume oil-nya sebanyak 2 hingga 4 persen sehingga dapat bertahan lebih lama dari eau fraiche yakni selama dua jam. Parfum ini paling banyak dijual di pasaran.

Eau de Toilette

Eau de Toilette. (Feelunique)

Eau de Toilette lebih kuat daripada dua parfum sebelumnya. Kekuatan dan ketahanan aromanya lumayan lama, setidaknya bertahan selama tiga jam. Parfum ini mengandung parfume oil sebanyak 5 sampai 15 persen.

Eau de Parfum

Eau de Parfum. (Shopee)

Kalau kamu pengin menggunakan wewangian yang tahan lama hingga seharian, jenis eau de parfum patut dijadikan pilihan. Jenis ini disebut bisa bertahan selama delapan jam karena konsentrasi parfume oil-nya lebih banyak yakni 15 hingga 20 persen. Kamu bisa menyemprotkan parfum ini ke beberapa bagian tubuh dan pakaian untuk memperoleh hasil maksimal.

Parfum

 

Parfume. (Parfummewah)

Jenis ini paling tahan lama aromanya, sekaligus paling mahal. Kandungan parfum murninya sebanyak 20 hingga 30 persen. Tekstur parfum juga lebih oily dibanding jenis parfum lainnya. Nggak heran kalau parfum ini bisa bertahan selama 24 jam.

Nah, itulah beberapa jenis parfum dengan tingkat kekuatan dan ketahanan wanginya. Jadi, jangan bingung lagi memilih jenis parfum saat mau membeli ya, Millens. (IB07/E04)