5 Hantu Terkenal di Kampus-Kampus Besar di Indonesia

5 Hantu Terkenal di Kampus-Kampus Besar di Indonesia
Beberapa kamus menyimpan cerita horor dan menjadi urban legend selama puluhan tahun. (Brilio)

Kampus menjadi tempat mahasiswa menuntut ilmu. Meski ramai oleh lalu-lalang mahasiswa, nyatanya nggak menepis cerita horor yang kerap muncul. Beberapa bahkan telah jadi urban legend dari angkatan ke angkatan.

Inibaru.id - Cerita-cerita horor memang selalu menarik bagi orang Indonesia. Nggak melulu datang dari lokasi yang terbengkalai atau bangunan kuno, cerita horor juga bisa muncul dari kampus-kampus besar di Tanah Air.

Yap, percaya atau nggak, ada banyak kampus yang menyimpan cerita misteri. Saking terkenalnya, cerita ini sudah jadi urban legend. Penasaran dengan sosok hantu-hantu di kampus ini?

1. Hantu Mbak Yayuk - UGM

Bagi mahasiswa, masa-masa penyusunan skripsi adalah waktu krusial. Sudah mirip seperti hidup dan mati. Kamu mungkin pernah mendengar ada mahasiswa yang sampai depresi karena skripsinya nggak lancar.

Nah, di UGM katanya ada hantu yang punya latar belakang mahasiswa tingkat akhir. Katanya, dia meninggal karena bunuh diri akibat depresi lantaran skripsinya selalu ditolak dosen pembimbing. Di sana, hantu ini dikenal sebagai Mbak Yayuk. Konon, dia berasal dari FEB alias Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Menurut cerita yang beredar, sosok perempuan ini digambarkan sebagai mahasiswa UGM angkatan tua. Yang bikin seram, sosok ini kerap tertangkap kamera CCTV.

2. Hantu Sisca - UNY

Stereotipe bahwa hantu itu jahil sepertinya terwakili oleh hantu Sisca di Gedung Student Center (SC) UNY. Cerita horornya, sempat ada beberapa mahasiswa yang berniat mengunci pintu SC, tapi tanpa disangka muncul sesosok perempuan dari balik kaca jendela gedung SC tersebut. Katanya sih, dia tampak memanggil-manggil, namun setelah didekati sosoknya langsung menghilang. Duh, jahil juga ya?

3. Hantu Fitri -  UII

Hantu Fitri menjadi urban legend terkenal di UII. (UII.ac.id)
Hantu Fitri menjadi urban legend terkenal di UII. (UII.ac.id)

Urban legend yang terkenal di UII ada di gedung Fakultas Hukumnya. Di sana ada “penunggu” yang sangat terkenal yaitu Hantu Fitri. Katanya, sosok ini  tampak sebagai perempuan cantik namun tanpa kaki. Menurut cerita, kamu bisa melihat hantu itu di ruang CLDS (Centre for Local Law Development Studies sehabis magrib atau di malam hari.

4. Hantu wisuda - UI

Seperti namanya, hantu yang terkenal di UI ini tampak mengenakan kebaya. Dia kerap muncul di foto-foto wisuda mahasiswa UI. Katanya, dia bergentayangan karena nggak rela meninggal sebelum wisuda. Harusnya ya, cerita mengenai sosok hantu wisuda ini bisa bikin kamu makin semangat menyelesaikan kuliah dan wisuda. Bener nggak?  

5. Hantu Mbak Nur - UNY

Kalau ada hantu yang bikin kamu kepikiran terus, barangkali Hantu Mbak Nur ini. Pasalnya, dia kerap menjahili mahasiswa yang sedang di kamar mandi dengan mematikan keran air di UNY. Jadi, kalau kebetulan kamu anak UNY, nggak usah lama-lama deh di kamar mandi. Daripada, daripada...He  

Sebenarnya cerita semacam ini bukan hal baru di banyak kampus. Mungkin termasuk kampusmu juga. Yang penting, jaga selalu sopan santun di mana pun berada. Betewe, kamu bakal ngapain kalau ketemu hantu-hantu itu, Millens? (Hip/IB21/E07)