5 Hal yang Wajib Kamu Pahami Sebelum Memutuskan Menikah Muda

5 Hal yang Wajib Kamu Pahami Sebelum Memutuskan Menikah Muda
Ilustrasi menikah (wolipop.detik.com)

Menikah muda merupakan salah satu hal yang banyak diinginkan oleh anak-anak muda belakangan ini. Namun, apakah kamu siap menerima risiko apapun termasuk kerugiannya? Mending kamu pahami beberapa hal berikut ini deh sebelum memutuskan untuk menikah muda. 

Inibaru.id - Menikah adalah hal yang sakral, apalagi jika kamu ingin menikah di usia yang tergolong masih muda. Nah, menariknya, menikah muda kini jadi salah satu hal yang diinginkan oleh banyak orang, khususnya dari generasi Z. Romantisasi menikah muda bahkan cukup sering muncul di media sosial.

Akan tetapi, menikah muda tidak semudah itu lo Millens. Bagi yang kontra, menikah muda di usia yang belum matang dianggap hanya akan menimbulkan masalah.

Sebenarnya, nggak ada yang salah dengan menikah di usia yang masih muda karena hal itu sah-sah saja dilakukan. Akan tetapi, kamu wajib memahami lima hal berikut ini sebelum memutuskan untuk menikah muda. Yuk simak ulasannya!

1.      Kehidupan Pernikahan Itu Sangatlah Berbeda dengan Pacaran

Kehidupan pacaran dan pernikahan itu sangat berbeda lo Millens. Di awal-awal pernikahan, semuanya memang akan terasa sangat menyenangkan. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, akan ada duka atau pun masalah yang datang di kehidupan rumah tangga.

Tidak hanya itu saja, kamu pun akan tahu sifat asli dari pasanganmu yang bisa jadi bakal sangat berbeda dari saat masih berpacaran. Apakah kamu sudah siap dengan segala perubahan itu nantinya?

2.      Nggak Mudah Punya Anak di Usia Muda

Ketika kamu sudah memutuskan untuk menikah muda, maka kamu harus siap untuk kehilangan masa mudamu. Padahal, usia muda adalah usia yang paling produktif untuk mengeksplorasi segala hal dan mengejar karier kamu. Dengan bereksplorasi kamu dapat mengekspresikan diri sesuka hati untuk mencoba hal-hal yang baru.

Kalau kamu langsung mempunyai anak, pasti waktu untuk bereksplorasi akan habis. Jangan kira mengurus anak itu mudah, ya Millens. Walau menyenangkan, juga banyak masa nggak enaknya, lo.

3.      Nggak Bisa Putus Seperti Saat Pacaran Dulu

Saat ada masalah dalam hubungan pacaran, kamu dapat mengakhiri hubungan saat itu juga. Namun, jika sudah menikah, kamu tidak bisa melakukan hal yang sama seperti layaknya masih pacaran dulu.

Kamu harus menjaga hubunganmu agar tidak berakhir dengan perceraian. Apalagi, sebaiknya kamu  menikah sekali seumur hidup kan? Maklum, janji pernikahan itu didasari oleh agama, lo.

4.      Memenuhi Kebutuhan Rumah Tangga Itu Berat

Namanya juga pernikahan, pasti ada kebutuhan rumah tangganya. Nah, untuk memenuhinya, kamu nggak bisa lagi minta bantuan orang tua. Kamu harus memenuhinya sendiri, lo. Selain itu, ada banyak permasalahan tak terduga yang bisa datang tiba-tiba dan membuatmu semakin pening. Hal ini tentu nggak mudah, bukan?

5.      Emosi yang Belum Matang

Usia menentukan mental dan emosi, lo. Nah, untuk membina rumah tangga, dibutuhkan emosi dan mental yang matang. Kalau nggak bisa mengontrolnya, bisa jadi kamu bakal sering mengalami pertengkaran. Kamu juga bakal sering mengalami stres, lo. Bukannya bikin happy, bukannya hal ini justru membuat pernikahan nggak bikin kamu bahagia, bukan?

Itulah lima hal yang wajib kamu pahami sebelum memutuskan untuk menikah muda. Cinta bukan segalanya di dalam hubungan pernikahan. Jadi pikirkan kembali jika kamu ingin menikah muda ya Millens. (Idn, Pop/MG43/E07)