Panduan Bersikap Saat Ada Petir Menggelegar

Panduan Bersikap Saat Ada Petir Menggelegar
Ilustrasi petir. (Thinkstock)

Petir merupakan salah satu gejala alam yang cukup berbahaya. Bila tersambar petir, kematian adalah risiko terberat yang harus ditanggung. Supaya nggak tersambar, lakukan hal-hal berikut saat ada petir.

Inibaru.id – Petir adalah salah satu fenomena alam yang kerap muncul saat hujan tiba. Langit akan memunculkan kilatan cahaya sesaat, kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh. Fenomena tersebut terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan dan Bumi atau awan lainnya.

Petir bisa mengakibatkan musibah lain seperti pohon tumbang, kebakaran, bahkan bisa menyambar manusia. Nah, hal terakhir yang perlu diwaspadai sobat Millens.

Memang sih, intensitas terjadinya petir nggak terlalu sering. Namun, sekali saja petir menyambar tubuh, risiko terberatnya adalah kematian. Sentakan listrik dari petir dapat mengganggu jantung, otak, dan sistem saraf seseorang.

Supaya terhindar dari sambaran petir, kamu bisa melakukan hal-hal berikut saat ada petir.

Segera Masuk ke Dalam Ruangan


Masuk rumah saat hujan. (Qhomemart)

Sebuah agen pemerintah federal Amerika yang bertugas memberikan prakiraan cuaca National Weather Service, menyarankan masyarakat agar segera masuk ke dalam ruangan saat petir menggelegar. Menurut NWS, nggak ada tempat yang aman di luar ruangan ketika hujan turun seperti ditulis Kompas.com, Kamis (9/7/2015).

Bersikap meringkuk saat petir menyambar yang sebelumnya dianggap aman, rupanya nggak direkomendasikan lagi, lo. Hal ini diungkaplan Dr. Mary Ann Cooper, seorang peneliti petir yang memimpin Lightning Injury Research Program, University of Illinois, Chicago.

Berlindung di Bawah Atap

Berlindung di bawah atap saat hujan. (Kulkann)

Kalau saat petir menyambar, kamu sedang berada di luar ruangan, segeralah temukan bangunan untuk berlindung. Kamu bisa berteduh dan berlindung di tempat yang memiliki pintu tertutup misalnya halte atau mobil. Jangan pernah berlindung di bawah pohon besar sebab pohon adalah sasaran terbaik petir ketika menyambar.

Hindari Hal Ini


Cuci tangan (Shutterstock)

National Weather Service menyarankan, saat petir menyambar, hindari kegiatan mencuci tangan, mandi, dan menyentuh atau mencabut alat yang berhubungan dengan listrik sekalipun kamu berada di dalam ruangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari hantaran listrik dari sambaran petir.  Kamu juga disarankan untuk nggak memakai telepon rumah karena kabelnya dapat menjadi saluran gelombang petir untuk datang. Lebih baik, gunakan telepon genggam saat hendak berkomunikasi.

Jangan Menyentuh Struktur Beton


Dinding beton. (Mandirijayabeton)

Dinding, lantai, dan bangunan beton cenderung memiliki kawat logam atau palang yang mudah menghantarkan listrik. Agar kilat nggak menyambarmu, jangan berdiri atau bersandar di dekat struktur beton.

Hindari Duduk Dekat Jendela


Jangan galau di jendela saat hujan. (Pixabay)

Saat hujan, banyak orang yang senang duduk di dekat jendela untuk menyaksikan bulir-bulir air jatuh sambil ditemani lagu galau. Sayang, hal ini nggak disarankan karena bisa berbahaya. Jendela dan pintu memiliki bagian-bagian yang terbuat dari logam dan dapat menghantarkan listrik sehingga kamu berisiko tersengat listrik bila mendekati keduanya.

Hm, rupanya banyak benda yang perlu dihindari saat ada petir ya, Millens. Paling aman, saat hujan turun dan banyak petir adalah berdiam diri di dalam ruangan dan membaca buku, nih! He-he. (IB07/E04)