5 Hal yang Akan Membuat Hidupmu Lebih Bermanfaat

5 Hal yang Akan Membuat Hidupmu Lebih Bermanfaat
Membantu orang lain bisa membuat hidupmu bermakna. (thriveglobal)

Mulai sekarang, sebaiknya kamu melakukan hal-hal berikut biar hidupmu berkat. Kalau kamu dicap baik, orang lain nggak akan malas membantumu. Ingatlah, bahwa suatu saat kamu akan membutuhkan bantuan orang lain juga.

Inibaru.id - Manusia diciptakan untuk saling melengkapi. Kamu nggak bisa melakukan segalanya sendiri. Selagi masih diberi kenikmatan oleh sang pencipta, nggak ada salahnya jika kamu menggunakan yang kamu miliki untuk membantu orang lain yang kurang beruntung. Dengan begitu, hidupmu bakal lebih bermanfaat. Apa saja yang bisa kamu lakukan?

Bersedekah Semampunya

Seperti apa pun kondisi hidupmu, jangan pernah lupa untuk bersedekah. Lakukan dengan ikhlas. Kamu bisa menyalurkannya untuk operasional masjid atau orang-orang sekitarmu yang kurang beruntung.

Ikut Jadi Relawan

Kamu bisa berkontribusi menjadi relawan untuk kegiatan sosial seperti donor darah, relawan bencana alam, bahkan relawan untuk mengajar anak-anak jalanan. Tanamkan dalam diri perasaan rendah hati dan mudah menolong, niscaya rasa tenang dan tentram akan menyelimuti pikiran.

Memberi Makan Kaum Duafa

Kamu mungkin nggak bisa menyelamatkan seluruh penduduk dunia yang kelaparan. Tapi seenggaknya kamu bisa berbagi makanan sama para duafa di sekitarmu. Daripada makananmu nggak habis dan malah jadi mubazir, kan lebih baik diberikan pada yang kekurangan. Betul nggak?

Membantu Tetangga

Tetangga adalah orang yang paling dekat dengan rumah kamu. Ketika kamu sedang sakit atau terkena musibah, tentu tetanggalah orang pertama yang akan tahu selain keluarga. Untuk itu, sebaiknya kamu ringan tangan terhadap tetanggamu.

Membantu Teman

Lakukan hal yang sederhana, seperti mentraktir makan. Memang nggak seberapa, tapi itu akan memupuk jiwa berbagi dan menambah erat hubungan pertemanan.

Jadi gimana, Millens? Kamu sudah lakukan yang mana nih? (IB29/E05)