5 Hal Sederhana yang Bisa Buat Hidupmu Bermakna

5 Hal Sederhana yang Bisa Buat Hidupmu Bermakna
Pastikan hidupmu nggak sekadar baik, tapi juga bermakna! (Pixabay)

Mungkin terlihat sederhana, namun lima hal ini dapat menjadikan hidupmu makin bermakna lo.

Inibaru.id - Buat kamu yang merasa hidupnya sudah baik-baik saja, coba renungi kembali! Apakah hidupmu pun sudah memiliki makna dan cukup berarti selama ini? Hmmm, kalau kamu justru merasa hampa, coba aja deh lakukan lima hal yang sederhana ini!

Memastikan Kebahagiaan Orang Tua

Kebahagiaan orang tua adalah hal yang harus kamu pastikan dan tentunya kamu utamakan. Tanpa perjuangan mereka, kamu nggak akan berada di titik terbaikmu dan meraih apa yang kamu dambakan. Jadi, bukan hal yang salah jika mereka adalah dua orang yang harus kamu prioritaskan kebahagiaannya. He-he.

Meski dengan hal yang sederhana seperti menanyakan kabarnya tiap hari ketika jarak kalian jauh atau mengajaknya ngobrol di meja makan jika memang satu rumah. Hmmmm, mudah kan? Tapi, banyak yang lalai dan menganggap hal itu nggak penting. Padahal, itu cukup bermakna bagi setiap orang tua.

Menghilang Sejenak dari Circle-mu

Bukan berarti benci atau merasa nggak lagi cocok, tapi menjaga jarak sejenak dari lingkaran pertemananmu adalah hal yang cukup recommended. Apalagi kalau kamu sudah merasa jenuh atau sedang menginginkan suasana baru. Yaaaa, meski resikonya kamu bakal dianggap begini dan begitu, tapi terkadang berlaku egois juga bukan hal yang buruk kok, Millens! Sebab kamu memiliki hak mutlak untuk berkembang dan memperluas jaringan perkenalanmu. Jadi, jangan sampai jadi katak dalam tempurung jika ingin hidupmu lebih berwarna ya! Ha-ha.

Stop Jadi Orang Sok Sibuk!

Sibuk sampai nggak ada waktu itu hanya alibi. Kalau memang kamu memprioritaskan sesuatu, maka kamu akan menyempatkan waktu untuknya. Dalam konteks ini adalah waktu untuk keluargamu. Baik dengan orang tua maupun pasangamu! Kalau memang kamu mengakui mereka sebagai harta yang paling berharga, maka jadilah orang sibuk yang sesuai dengan porsinya. Bukan sengaja menjadi orang yang sok sibuk.

Memahami Tujuan dan Konsekuensi dari Tindakanmu

Jadilah orang yang berpikiran dewasa dengan memahami tujuan serta konsekuensi dari setiap tindakanmu. Memang benar, you only live once, tapi bukan berarti kalau kamu bisa bertindak sesukanya. Kamu harus tetap mengerti risiko bagi diri kamu, orang lain, dan lingkungan sekitarmu. Jadi, jangan suka asal-asalan ya, Millens!

Berlatih Peduli Tanpa Membenarkan

Kamu boleh iba dan peduli terhadap kondisi seseorang, tapi bukan berarti kamu boleh mengiyakan segala tindakan mereka. Jangan jadi orang yang mendukung drama orang lain! Jadilah pribadi yang bijak dan solutif bagi perjalanan hidup orang di sekitarmu.

Gimana, Millens? Mudah, kan? Hmmm, mulai sekarang kurangi cuekmu karena merasa sudah baik ya! Coba untuk lebih peka dan kritis lagi dalam memaknai kehidupan agar hidupmu semakin baik. Semangat!! (IB23/E05)