5 Hal Ini Bisa Bikin Hilang Fokus Saat Menulis

5 Hal Ini Bisa Bikin Hilang Fokus Saat Menulis
Menulis di tempat yang kondusif bisa meningkatkan fokus dalam menulis. (wormtraders.com)

Kalau dipikir-pikir, bagi penulis menuangkan ide menjadi sebuah tulisan merupakan hal yang mudah. Namun nggak jarang, muncul tantangan yang bisa mengganggu fokus menulis dan menjadikan tulisan nggak kunjung selesai. Apa saja sih hal yang berpotensi mengganggu fokus menulis?

Inibaru.id – Pernah nggak sih kamu tiba-tiba kesulitan menuangkan ide dalam tulisan padahal menulis adalah hobimu? Nah, berikut ini adalah faktor yang bisa menyebabkan hilang fokus saat menulis.

1. Kebanyakan Ide

Jika kamu mengalami hal yang satu ini, cobalah untuk menyaring ide mana yang akan dibuat menjadi sebuah tulisan. Ide yang terlalu banyak akan membuat fokus tulisanmu menjadi buyar. Tulislah ide yang kamu kuasai yang disertai dengan risetmu sebelumnya.

2. Ide Terlalu Umum

Ide yang spesifik sangat dibutuhkan agar tulisanmu nggak melebar ke mana-mana. Ide yang terlalu umum juga akan menyebabkanmu kehilangan fokus saat menulis. Ide yang spesifik akan membantu penulis menghasilkan tulisan yang sistematis.

3. Menunda untuk Menulis

Jika kamu memiliki waktu luang, segerakan untuk menulis. Menunda tulisan akan kehilangan waktu yang berharga untuk menulis. Bisa jadi, setelah kamu melewatkan waktu luangmu, kamu menjadi nggak fokus dalam menulis.

4. Menulis di Tempat yang Nggak Kondusif

Setiap orang punya tempat favorit yang dianggap nyaman untuk menuangkan tulisan. Sebagian orang ada yang memilih menulis di tempat yang tenang dan nyaman, namun ada juga yang menulis di tempat yang ramai. Yang penting, tempat yang kamu pilih nggak mengganggu fokusmu dalam menulis.

5. Menulis saat Lelah

Pastikan untuk menulis dalam keadaan bugar ya! menulis dalam keadaan lelah akan membuat hasil tulisan yang nggak maksimal. Hindari untuk menulis di malam hari ketika tubuh sudah lelah.

Nah itu dia lima hal yang bisa menyebabkan hilang fokus dalam menulis. Sebisa mungkin, hindari kondisi-kondisi di atas agar tulisanmu maksimal ya, Millens! (IB27/E05)