5 Hal Ini Bikin Pujian Lebih Berkesan

5 Hal Ini Bikin Pujian Lebih Berkesan
Biar pujianmu berkesan, simak dulu tips ini. (Feed)

Setiap orang menyukai pujian tapi akan lebih bermakna lagi jika pujian itu diberikan dengan cara yang pas. Bagaimana tipsnya?

Inibaru.id – Menyampaikan pujian adalah hal wajar. Siapa yang nggak bangga saat mendapat sanjungan? Tentu orang lain juga senang saat mendapat sanjungan dari kamu. Namun, ada hal yang perlu kamu perhatikan kalau ingin pujian tersebut meninggalkan kesan mendalam. Yuk, cek apa saja!

1. Memberikan Apresiasi Secara Spesifik

Dengan memberi spresiasi kepada seseorang secara spesifik maka pujian itu akan membekas dalam ingatannya. Misalkan dia sukses mengerjakan skripsi dengan predikat cumlaude karena teliti mengolah data, kamu bisa apesiasi ketelitiannya dengan pujian.

Dengan begitu, dia akan mempertahankan sifat telitinya dalam hal lain. Kenapa? Karena dia terpacu dengan pujian yang kamu berikan.

2. Memberi Pujian pada Waktu yang Tepat

Sama halnya dengan permohonan maaf, pujian pun perlu disampaikan pada waktu yang tepat. Kamu dapat mengapresiasi seseorang saat telah berhasil memperoleh prestasi di sekolah atau di kampus.

Nggak hanya itu, kamu juga dapat memuji penampilan rekan ketika sedang menghadiri sebuah pesta. Tapi alangkah baiknya kamu memuji dengan sewajarnya.

3. Memilih Kata Sebelum Memuji

Saat memberikan pujian, kamu juga perlu memilah kata yang tepat lo. Hal ini dimaksudkan agar orang yang kamu apresiasi dapat menangkap apa yang kamu ucapkan. Nggak hanya itu, cermat memilih kata juga menghindari kamu dari salah ucap yang mungkin menyakiti orang lain.

4. Sampaikan Pujian Secara Wajar

Saat memberikan pujian kamu perlu memperhatikan intensitas dari pujian yang akan kamu sampaikan. Hindari memuji terlalu sering dan berulang pada hal yang sama berulang kali.

5. Jangan Menjatuhkan Orang Lain Saat Memberikan Pujian

Kecenderungan seseorang saat memuji adalah dengan membandingkan satu sama lain. Mungkin terdengar sangat wajar, tapi kamu perlu berhati-hati. Karena dengan membandingkan justru kamu menjatuhkan pihak lain. Keadaan seperti ini bakal memperkeruh keadaan. Bisa jadi yang kamu bandingkan merasa nggak nyaman.

Memuji adalah hal yang wajar. Membuat hubungan semakin hangat dengan seseorang. Tapi jangan sampai pujian itu menjadi bumerang yang menghancurkan reputasi diri sendiri. (IB30/E05)