5 Fakta Ranu Manduro, Wisata Alam Viral dari Mojokerto

5 Fakta Ranu Manduro, Wisata Alam Viral dari Mojokerto
Ranu Manduro. (IG : @abdulh.83)

Seperti apa sih Ranu Manduro, obyek wisata yang sedang viral di Mojokerto, Jawa Timur? Berikut adalah fakta-faktanya.

Inibaru.id – Belakangan ini di berbagai media sosial viral foto  dan video yang diambil di Ranu Manduro. Tempat wisata yang ada di Mojokerto, Jawa Timur ini bahkan dianggap mirip layaknya lokasi pengambilan gambar film Jurassic Park.

Sebelum ke sana, berikut lima fakta menarik tentang Ranu Manduro yang perlu kamu tahu!

Ada di Kaki Gunung Penanggungan

Ranu Manduro. (jatimnow.com)
Ranu Manduro. (jatimnow.com)

Sebenarnya, Ranu Manduro adalah telaga yang ada di kaki Gunung Penanggungan. Hal ini membuatnya mirip dengan Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru. Jika mau, Gunung penanggungan yang cantik bisa jadi latar belakang foto yang ciamik!

Bekas Lokasi Pengerukan Pasir

Ranu Manduro. (travelingpin.com)
Ranu Manduro. (travelingpin.com)

Ternyata, Ranu Manduro dulunya adalah kawasan perbukitan. Bukit-bukit ini dikeruk demi menutup lumpur Lapindo yang meluap di Kabupaten Sidoarjo pada 2006. Saat itu, banyak truk berdatangan untuk membawa pasir yang sudah dikeruk ke lokasi bencana lumpur. Bekas kerukan pasir ini kemudian menyebabkan munculnya lubang besar. Lubang ini kemudian diisi oleh air hujan sehingga menjadi telaga.

Berlokasi di Mojokerto

Ranu Manduro. (lensanasional.co.id)
Ranu Manduro. (lensanasional.co.id)

Ranu Manduro berlokasi di Desa Manduro, Manduro Manggung Gajah, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Pemberian nama Ranu disebabkan oleh adanya telaga yang indah di lokasi tersebut.

Punya Pemandangan Alam yang Indah

Ranu Manduro. (Pinterest/Mbolang Group)
Ranu Manduro. (Pinterest/Mbolang Group)

Meskipun bekas lokasi pengerukan pasir, keindahan alam di Ranu Manduro masih terjaga. Kamu bisa menikmati hamparan rumput berwarna hijau yang sangat luas. Ditambah dengan langit biru yang dihiasi dengan awan putih serta batu-batuan besar, Ranu Manduro mirip seperti alam di Selandia Baru.

Belum Menjadi Obyek Wisata Resmi Pemerintah Daerah Setempat

Ranu Manduro. (IG: @sewa_hiace_elf_bus)
Ranu Manduro. (IG: @sewa_hiace_elf_bus)

Meski sudah viral di berbagai media, ternyata, Ranu Manduro bukan obyek wisata resmi pemerintah, lo. Hal ini disebabkan oleh lokasinya yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat atau lebih. Kamu sebaiknya mendatanginya dengan sepeda motor. Untuk saat ini kamu hanya dikenakan tiket parkir sebesar 3-5 ribu rupiah saja

Jika tertarik berkunjung, jangan lupa selalu jaga kebersihan agar potensi wisata semacam ini selalu terjaga ya, Millens! (IB09/E06)

Tags :