5 Fakta Nikah Muda yang Perlu Kamu Ketahui

5 Fakta Nikah Muda yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi menikah muda. (Umroh.com)

Sebelum memutuskan untuk menikah muda, ada beberapa fakta yang perlu kamu tahu. Cek yuk!

Inibaru.id – Belakangan ini tren nikah muda semakin banyak diminati oleh setiap pasangan di Indonesia. Eits, meski memiliki segudang hal yang positif, memutuskan untuk menikah muda juga harus dipikirkan matang-matang ya, Millens.

Sebelum memutuskan untuk menikah muda, fakta-fakta di bawah ini perlu banget kamu ketahui.

Risiko Gangguan Psikologis

Ilustrasi stres setelah menikah di usia muda. (pixabay)

Sebuah studi menunjukkan bahwa semakin muda usia menikah, semakin tinggi risiko terkena gangguan psikologis, seperti gangguan kecemasan, gangguan mood dan depresi di kemudian hari. Ini disebabkan oleh ketidaksiapan mental untuk membina rumah tangga. Akhirnya, rumah tangga yang harusnya menjadi hal yang membahagiakan malah menjadi bebanmu dan pasangan. Jadi, sebelum menikah, kamu harus menyiapkan diri secara fisik, mental, dan finansial ya!

Perkembangan diri Menjadi Terbatas

Ilustrasi mengurus rumah tangga. (hipwee.com)

Setelah menikah, kehidupanmu pasti akan berubah secara bertahap. Prioritas yang kamu miliki pun nggak sekadar tentangmu saja, tetapi juga pasangan dan rumah tanggamu. Itu sangat mungkin akan menggeser hal-hal yang terkait tentang perkembangan dirimu sendiri dalam bidang karier, pendidikan, bahkan impianmu. Maka pertimbangkan hal tersebut bila kamu berpikir akan menikah muda ya.

KDRT Rentan Terjadi pada Pasangan Muda

Ilustrasi KDRT pada pasangan muda. (Istockphoto/funky-data)

Bila kesiapan mental saat menikah muda belum cukup, frekuensi Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) cenderung tinggi. Hal ini disampaikan dari sebuah riset yang menunjukkan 44 persen pasangan muda mengalami KDRT frekuensi tinggi. Sementara 56 persen mengalami KDRT frekuensi rendah. Biasakan untuk lebih bijak saat menghadapi konflik dengan pasangan.

Belajar Lebih Banyak Pengalaman Tentang Kehidupan

Ilustrasi menjalani kehidupan dengan pasangan akan menambah banyak pengalaman. (loveandlavender.com)

Setelah menikah, kehidupanmu dan kehidupan pasangan akan menjadi satu. Di sini, kamu akan benar-benar banyak belajar tentang banyak hal tentang dirimu dan pasangan. Hal-hal yang belum pernah kamu dapatkan akan perlahan-lahan datang dalam hidupmu. Kebaikan, masalah, susah, senang, akan datang silih berganti menemani perjalananmu dengan pasangan.

Jarak Umur dan Potensi Perceraian

Ilustrasi bercerai dengan pasangan. (Shutterstock)

Peneliti dari Emory University di Georgia yang meneliti ratusan pasangan, menemukan sebuah fakta bahwa pasangan yang berbeda lima tahun memiliki potensi perceraian 18%. Sedangkan mereka yang berbeda jarak 10 tahun punya potensi perceraian 39%. Boleh dicek dulu nih, berapa jarakmu dengan pasangan.

Itulah beberapa fakta yang perlu kamu ketahui tentang menikah muda. Bagaimana menurutmu, Millens? (IB07/E06)